Peringatan HPN, Puan: Pers Harus Kawal Pemilu 2024 Berjalan Jujur

Ketua DPR RI, Puan Maharani. (gemapos/antara)
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Dalam momen Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari, Ketua DPR RI, Puan Maharani mengajak insan Pers untuk ikut mengawal Proses Pemilu 2024. Apalagi peringatan HPN 2024 sangat berdekatan dengan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang.

"Informasi terus mengalir deras di tengah kemajuan dunia digital. Pers Nasional harus semakin menguatkan posisinya sebagai media informasi, pendidikan, dan kontrol sosial sehingga publik tidak terjebak pada berita-berita yang menyesatkan," kata Puan dalam keterangan tertulis, Kamis (9/2/2024).

Dengan banyaknya berita bohong atau hoaks di tengah gencarnya teknologi informasi, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini mengajak insan Pers untuk mengedepankan praktik jurnalistik yang sehat. Puan meminta media massa dan insan Pers menjaga selalu kompetensi dan independensi.

“Karena Pers adalah pilar demokrasi keempat yang harus menjunjung tinggi integritas dan komitmen sebagai watch dog demokrasi dan penjaga kedaulatan rakyat,” tegas cucu Bung Karno tersebut.

Puan menilai, peran Pers sebagai penjaga demokrasi sangat signifikan dalam waktu-waktu saat ini mengingat pelaksanaan Pemilu 2024 sudah di depan mata. Ia mengajak media massa dan insan Pers mengamalkan Jurnalisme sehat dan Jurnalisme damai demi terjaganya demokrasi di Indonesia.

“Bagi seluruh insan Pers Indonesia, ayo kawal dan jaga proses Pemilu 2024 agar berjalan dengan jujur dan adil. Kedepankan sikap mental sebagai Jurnalis yang profesional dengan selalu objektif, bebas dari pengaruh pihak manapun, jujur dan loyal terhadap rakyat,” harap Politisi Fraksi PDI-Perjuangan tersebut.

Sebagai penyambung informasi, insan Pers dinilai wajib berpihak kepada kebenaran. Puan mengatakan, masyarakat berhak mendapatkan informasi yang akurat dalam pesta demokrasi 5 tahunan Indonesia.

"Publik memerlukan produk jurnalistik yang berkualitas. Kehadiran Pers sangat penting dalam memperkuat dan menyehatkan demokrasi kita," imbuh Puan.

Dengan tema Hari Pers Nasional (HPN) 2024 ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa’, insan Pers diajak untuk berpartisipasi secara positif pada Pemilu 2024. Salah satu caranya adalah, kata Puan, dengan turut menyajikan informasi-informasi mengenai Pemilu secara akurat dan berkeadilan.

Peringatan HPN 2024 semula akan dilaksanakan di Jakarta pada 7-9 Februari 2024. Namun karena mempertimbangkan kepentingan nasional yang lebih besar dengan adanya pelaksanaan Pemilu 2024, jadwal perayaan HPN 2024 diundur menjadi tanggal 17-20 Februari mendatang. (ns)