Festival Pecinan Hadir Meriahkan Perayaan Imlek Tahun Ini di TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan gelar Festival Pecinan meriahkan perayaan Imlek 2575 Kongzili, dimulai 8-11 Februari 2024. (gemapos/Instagram @tmiiofficial)
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan gelar Festival Pecinan meriahkan perayaan Imlek 2575 Kongzili, dimulai 8-11 Februari 2024. (gemapos/Instagram @tmiiofficial)

Gemapos.ID (Jakarta) - Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur akan gelar Festival Pecinan yang diisi dengan berbagai acara yakni bazaar, atraksi Barongsai di Plaza Kori Agung Museum Indonesia, pertunjukan Wayang Potehi, tari dan musik khas Imlek, serta Tari Kecak.  Festival tersebut untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, akan mulai pada 8-11 Februari 2024.

Dalam bazaar nanti pihaknya bersinergi dengan warga pelaku usaha kecil menengah (UKM) dari Kelurahan Bambu Apus, Lubang Buaya, Ceger dan daerah sekitarnya.

"Saat ini sudah ada 20 pelaku UKM yang akan ikut meramaikan bazaar di Stasiun Tram Mover TMII," kata Direktur Utama TMII, Claudia Ingkiriwang, Selasa (6/2/2024).

Diketahui bahwa para pelaku UKM tersebut akan menyajikan santapan khas Tionghoa, seperti Kue Keranjang (dodol), Lontong Cap Go Meh, Sago, Mochi, Lumpia Tahu dan makanan lainnya.

Selain itu, pada Sabtu, 10 Februari 2024 pagi akan digelar kegiatan keagamaan oleh Majelis Tinggi Agama Khonghucu (Matakin) di Kelenteng Kong Miao TMII.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Humas TMII, Novera Mayang menambahkan bahwa ragam pertunjukan budaya khas Tionghoa dalam Festival Pecinan ini juga bisa menjadi sarana edukasi budaya bagi anak-anak dan pelajar, khususnya atraksi Barongsai, Liong, Ular Naga dan Wayang Potehi di Plaza Kori, 

Adapun beberapa titik lokasi acara yang bisa dinikmati pengunjung Festival Pecinan selama 8 hingga 11 Februari nanti, antara lain pertunjukan  Balance Bike di Istana Anak-Anak Indonesia.

Kemudian ada juga pertunjukan Gamelan Corobalen di Tourist Information Center, Air Mancur Tirta Menari dan Dawai Biola serta tabuh Nusantara di Plaza Promenade, Bazaar Kuliner serta pertunjukan Karbitan Band di Stasiun Tram Mover.

"Untuk menghindari antrian, masyarakat bisa membeli tiket secara online di www.tamanmini.com," tandasnya. (kt)