Mahfud Mundur Jadi Menteri, Begini Respon Jokowi

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada awak media usai peninjauan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Kabupaten Klaten, pada Rabu, 31 Januari 2024. (Foto: gemapos/BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada awak media usai peninjauan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Kabupaten Klaten, pada Rabu, 31 Januari 2024. (Foto: gemapos/BPMI Setpres)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Jokowi menegaskan bahwa Kabinet Indonesia Maju tetap solid hingga saat ini. Penegasan tersebut disampaikan Kepala Negara guna menanggapi isu kegaduhan yang terjadi di kabinet yang dipimpinnya saat ini karena mundurnya Menkopolhukam Mahfud MD.

“(Kabinet) sangat solid,” tegas Presiden kepada awak media dalam keterangannya usai peninjauan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Kabupaten Klaten, Rabu (31/1).

Jokowi mengatakan bahwa ia menghormati keputusan para jajarannya yang ingin mengundurkan diri. Presiden mengaku belum mendapatkan laporan terkait menteri yang akan mengundurkan diri dari kabinet.

“Itu hak dan saya sangat menghargai. Sampai detik ini saya belum mendapatkan laporan,” ujar Presiden.

Sebelumnya, calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD secara resmi mengumumkan mundur dari jabatannya sebagai Menko Polhukam di Kabinet Presiden Jokowi. Mahfud mengumumkan hal itu saat berada di Pura Ulundanu, Lampung Tengah, Rabu (31/1/2024).

Menurut Mahfud keputusan itu telah dia pertimbangkan dan telah didiskusikan dengan pasangannya Ganjar Pranowo.

Ia mengaku telah membawa surat untuk disampaikan dengan Presiden Jokowi secara langsung. Mahfud mengatakan terus membawa surat tersebut sampai mendapat kesempatan bertemu dengan Presiden Jokowi.

"Saya sudah membawa surat untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya yang menjadi perbincangan publik. Dan surat ini akan disampaikan ketika mendapat jadwal ketemu dengan Presiden," katanya. (rk)