Siapa Menkominfo Pengganti Johnny G Plate, Ini Kata Jokowi

Siapa Menkominfo Pengganti Johnny G Plate, Ini Kata Jokowi (ist)
Siapa Menkominfo Pengganti Johnny G Plate, Ini Kata Jokowi (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Siapa Menteri Komunikasi dan Informatika yang baru setelah Johnny G Plate terjerat kasus korupsi BTS oleh Kejagung bakal segera diumumkan. Presiden Jokowi mengaku sudah mengantongi nama sang menteri baru dan segera diumumkan.

Untuk urusan pengumuman sang menteri, Jokowi mengaku menunggu hari baik.

Sebelumnya pengamat memprediksi ada dua nama yang bakal dipilih Jokowi sebagai Menkominfo. Sementara itu, NasDem tegaskan tak akan cawe-cawe soal pengganti Johnny G Plate.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi sinyal bakal segera menunjuk Menteri Komunikasi dan Informatika yang baru setelah Johnny Plate terjerat kasus korupsi BTS oleh Kejagung.

"Nanti kalau sudah waktunya akan segera diselesaikan," kata Jokowi di Pasar Palmerah, Jakarta, Senin (26/6/2023)

Untuk nama, Jokowi mengatakan sudah mengantongi satu nama pengganti Johnny.

"Sudah (ada nama), tapi nunggu," tambahnya.

Saat ditanya apa yang ditunggu, Jokowi pun menjawab.

"Nunggu hari," pungkasnya.

Sebelumnya, Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) definitif pengganti Johnny Plate yang terjerat kasus korupsi pengadaan BTS.

Hal itu ditegaskan Jokowi sebelum bertolak ke Singapura di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, (7/5/2023)."Belum, belum," kata Jokowi.

Jawaban serupa disampaikan Jokowi, saat ditanya mengenai apakah pengganti Plate nanti akan berasal dari partai NasDem.

Untuk diketahui kursi Menkominfo merupakan jatah dari Partai NasDem. Dan keberadaan Plate di Kabinet Indonesia Maju merupakan representasi partai NasDem.

"Belum," katanya lagi.

Sejumlah tokoh disebut-sebut akan dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Johhny Plate yang telah menjadi tersangka dalam dugaan korupsi pembangunan tower base transceiver station (BTS).

Salah satunya Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (HT). Terkait hak tersebut Jokowi tidak menjawab saat ditanya kemungkinan HT menjadi Menkominfo.

Dia hanya mengatakan bahwa Menkominfo dijabat oleh pelaksana tugas (Plt) yakni Menkoplhukam Mahfud Md.

“Plt nya pak Menkopolhukam,” kata Jokowi sebelum bertolak ke Jepang, di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat, (19/5/2023).

Jokowi juga memberikan jawaban yang sama ketika ditanya, siapa yang akan menjadi Menkominfo defintif nantinya, serta sosok dari partai apa yang akan mengisi kursi sepeninggal Johnny Plate.

“Plt nyak Pak Menkoplhukam,” kata Jokowi mengulang jawaban yang sama.Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate resmi ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus BAKTI Kominfo.(da)