AHY jadi Menteri, Ganjar: Kompensasi Koalisi Dalam Bentuk Jabatan

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (gemapos/gesuri.id)
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (gemapos/gesuri.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengucapkan selamat kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteti ATR/BPN.

“Saya kira itu bagus. Ya buat saya dua-duanya (AHY dan Hadi Tjahjanto) teman saya. Selamat bekerja,” pungkasnya.

Menurut Ganjar, penunjukan AHY menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju sekaligus sebagai bentuk peresmian bahwa Demokrat sudah berada di koalisi Jokowi.

Pasalnya, Demokrat juga masuk ke dalam koalisi paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dengan nama Koalisi Indonesia Maju. Koalisi itu beranggotakan partai-partai koalisi pemerintahan Jokowi.

“Kan mereka sekarang sudah dalam koalisi. Jadi sebenarnya meresmikan saja dan mengkompensasi dalam bentuk jabatan,” kata Ganjar di Jakarta dikutip Kamis (22/2/2024).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menilai pelantikan AHY sebagai menteri adalah hak prerogatif presiden.

Terlebih, Hadi Tjahjanto yang sebelumnya sebagai Menteri ATR/BPN dilantik menjadi Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD. Secara otomatis, kursi Menteri ATR/BPN kosong sehingga Ganjar menilai wajar bila Jokowi mencari menteri baru.

“Ya itu hak prerogatif presiden, dan ada kursi menteri kosong saya kira diisi. Ini proses biasa saja sih,” ungkap Ganjar. (ns)