Polri Ciptakan Pemilu Damai 2024 Hingga ke Pelosok Desa

Personel Kepolisian Sektor Ukui lalui jalan licin berliku dan berbatu menuju Dusun Toro guna lakukan cooling system pemilu damai. (gemapos/Humas Polri)
Personel Kepolisian Sektor Ukui lalui jalan licin berliku dan berbatu menuju Dusun Toro guna lakukan cooling system pemilu damai. (gemapos/Humas Polri)

Gemapos.ID (Jakarta) – Kepolisian Sektor Ukui terus lakukan cooling system pemilu damai diwilayah hukumnya demi ciptakan suasana yang sejuk dan damai,  meskipun harus melewati jalan yang licin serta lokasi yang jauh.

Diketahui bahwa Sasaran cooling system pemilu Polsek Ukui kali ini yakni dusun toro jaya desa lubuk kembang bunga. Untuk mencapai lokasi, personil polsek ukui membutuhkan waktu hampir 4 jam melalui jalur darat, jalan licin berliku dan berbatuan.

“Iya tadi anggota laporan bahwa akan melaksanakan cooling system ke dusun toro, kami sangat mendukung kegiatan tersebut, jadi seluruh warga ukui harus kita sentuh untuk menciptakan pemilu damai,” ujar Kepala Kepolisian Sektor Ukui, AKP Rudi Hardiyono, dikutip dari laman resmi Humas Polri, Kamis (25/1/2024).

Setelah sampai di Dusun Toro, personil menjumpai beberapa tokoh masyarakat. Petugas menyampaikan sosialiasi terkait Pemilu 2024. Masyarakat diminta untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi 2024 demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Biasanya dalam pesta demokrasi, banyak perbedaan antar warga. Berbeda pilihan dan dukungan untuk calon di legislatif maupun yudikatif membuat warga bersitegang.

“Kita sering mendapati warga bersitengang di warung warung mengenai calon yang mereka pilih disinilah anggota harus selalu hadir memberikan edukasi mengenai Pemilu agar tetap damai di tengah perbedaan,” lanjutnya.

Hadirnya Polri di tengah masyarakat terlebih di tahun politik diharapkan bisa memberikan ketentraman pada masyarakat khususnya di Kecamatan Ukui, kapolsek juga mengatakan bahwa saat ini dirinya sangat mengandalkan Babinkamtibmas untuk bisa hadir selalu di tengah warga.

“Saya juga berpesan kepada Babinkamtibmas saya, Polri harus menjaga netralitas. Kalau ada saudara yang mencalonkan diri dalam pesta demokrasi ini, jangan berat sebelah. Polri harus neteral,” tegas kapolsek.

Sementara itu Bripka Rudi Andrian mengatakan bahwa akses menuju dusun tempat dirinya melakukan sosialiasi memang sangat sulit di jangkau. Jalan yang licin menjadi salah satu kendala.

“Jalan lokasi sosialisasi licin, memang sulit dijangkau jika musim hujan, kami kalau naik motor beberapa kali jatuh dan kadang ditolong warga. Tapi, kita tetap semangat untuk menyuksuseskan Pemilu agar berjalan aman dan damai,” ucap Bripka Rudi.

Kapolsek Ukui AKP Rudi Hardiyono turut mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif dalam Pemilu 2024. Dia mengatakan bahwa perbedaan pilihan adalah wajar, tetapi persatuan harus diutamakan dan dikuatkan.

“Kami berharap agar situasi dan kondisi di Kecamatan Ukui selalu aman, damai saat Pemilu ataupun pasca Pemilu.  Mari kita wujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif diwilayah hukum kita. Silahkan merayakan pesta demokrasi dengan tertib dan bahagia, Kami sebagai aparatur negara selalu siap untuk memberikan pengamanan bagi warga. tutup kapolsek.(kt)