Usulkan Panja Netralitas Polri, Trimedya: Supaya Semua Yakin

Tangkapan Layar - Anggota Komisi III DPR RI dari PDIP, Trimedya Panjaitan saat rapat bersama jajaran Polri di Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023). (Gemapos/ytbDPR RI)
Tangkapan Layar - Anggota Komisi III DPR RI dari PDIP, Trimedya Panjaitan saat rapat bersama jajaran Polri di Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023). (Gemapos/ytbDPR RI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Trimedya Panjaitan mengusulkan pembentukan panitia kerja (Panja) netralitas Polri jelang pemilu 2024. Usulan tersebut muncul dalam rapat Komisi III DPR bersama Kabarhakam Polri Komjen Fadil Imran gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Dalam pemamparannya, Trimedya menyinggung Komisi I DPR yang telah membentuk panja netralitas TNI yang diketuai Wakil Ketua Komisi I Utut Adianto.

"Mengikuti apa yang sudah disampaikan oleh Komisi I, itu sudah terjadi di Komisi I mereka membuat panja pengawasan netralitas TNI," kata Trimedya rapat kerja tersebut dilansir dari laman Youtube resmi DPR RI.

Trimedya mengatakan hal itu diusulkan agar semua parpol atau siapapun yang terlibat dalam kontestasi politik, bisa meyakini netralitas polri. Selain itu, agar energi yang ada tidak dihabiskan untuk membahas seputar netralitas.

"Nah itu yang kami usulkan supaya yang dilakukan Komisi I dapat diikuti Komisi III, dan kita semua parpol semua capres yang sudah cabut nomor tadi malam 1,2,3 mereka meyakini. Supaya energi kita juga tidak habis bicara netralitas," sebutnya.

Selain itu, Trimedya pun mengusulkan ketua panja itu yakni Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. Trimedya berkelakar, bahwa Bambang Pacul akan memberikan surat perintah kepada dirinya untuk mengawasi polri di Sumatera Utara, sehingga dia bisa sering pulang.

"Saya kira komisi III juga kami mengusulkan saudara ketua kita buat panja pengawasan netralitas Polri. Saya mengusulkan ketua jadi ketuanya," kata Trimedya.

"Sehingga ketua memberikan surat pada Trimedya Panjaitan awasi Polri di Sumatera Utara, ya saya tiap Minggu saya harus pulang nih. Lusa pulang, Senin pagi balik lagi," Imbuhnya.(ns)