Mesin Blowing Diduga Penyebab Kebakaran Pabrik Pemintalan Di Bandung

Kebakaran pabrik pemintalan kapas di Bandung diduga dari mesin Blowing. (gemapos/antara)
Kebakaran pabrik pemintalan kapas di Bandung diduga dari mesin Blowing. (gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)   Pabrik Pemintalan Kapas di Cipadung, Kota Bandung mengalami kebakaran hebat Rabu (15/11). Kebakaran diduga berasal dari mesin blowing yang kemudian mulai menyebar kebagian gudang yang ada di pabrik tersebut.

Mengenai dugaan tersebut, Kapolsek penyileukan Kota Bandung yakni Kompol Kurniawan mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan awal terkait munculnya kobaran api.

“Penyebab masih dalam penyelidikan, ada beberapa saksi yang mengatakan api berasal dari sekitar mesin blowing, tempat pemintalan kapas jadi benang,” kata Kompol Kurniawan, Rabu (15/11/2023).

Kebakaran ini menyebabkan 300 pekerja terdampak oleh kebakaran yang melanda tempat tersebut. Namun para pekerja tersebut sudah berhasil di evakuasi oleh tim rescue Diskar PB Kota Bandung.

“Saat kejadian, pabrik sedang operasional. Kurang lebih ada 300 pekerja di dalam. Tapi Alhamdulillah berdasarkan keterangan saksi, karyawan sudah keluar semua,” lanjutnya.

Diketahui bahwa luas pabrik yang terbakar yakni sebesar 10.000 meter persegi. Pihak kepolisian masih terus mengumpulkan keterangan dari para saksi.

“Luas yang terbakar 10.000 meter persegi. Saat ini kami belum memerikasi saksi, baru mengumpulkan keterangan,” katanya kemudian.

Pihak Diskar PB Kota Bandung hampir berhasil memadamkan keseluruhan api. Kepulan asap hitam sudah mulai menghilang di sekitar lokasi kebakaran.

Di lokasi hanya terdapat beberapa armada saja yang bertahan untuk melakukan proses pendinginan, sebagian besar mobil damkar sudah mulai meninggalkan lokasi kejadian. (kt)