Polda Sumut Kerahkan Tim DVI Identifikasi Korban Banjir di Humbahas

Personel Polda Sumut turunkan anjing pelacak guna membantu melacak lokasi korban yang hilang akibat bencana banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut, Minggu (3/12/2023). (gemapos/Antara)
Personel Polda Sumut turunkan anjing pelacak guna membantu melacak lokasi korban yang hilang akibat bencana banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut, Minggu (3/12/2023). (gemapos/Antara)

Gemapos.ID (Jakarta) – Tim Disaster Victim Indentification (DVI) dikirimkan ke Puskesmas Bakkara oleh Polda Sumatera Utara (Sumut)  untuk mengidentifikasi korban yang terdampak bencana banjir dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan).

“Tim yang berangkat dipimpin Iptu dr. Edgar SpF dan empat orang lainnya terdiri dari fase DVI, olah TKP, antemortem, postmortem, dan rekonsiliasi,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol. Hadi Wahyudi, Senin (4/12/2023).

Tim DVI Polda Sumut berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Humbahas untuk bersama mengindetifikasi para korban yang ada di Puskesmas Bakkara.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Polda Sumut guna memperlancar proses indentifikasi korban yakni mendirikan posko DVI serta mempersiapkan alat-alat indentifikasi yang diperlukan.

“Polda Sumut juga membuat kamar jenazah serta mempersiapkan alat-alat untuk identifikasi antemortem dan postmortem,” lanjut Hadi.

Diketahui bahwa Polda Sumut bersama Polres Humbahas, TNI, SAR dan Pemkab Humbahas telah mengindetifikasi tiga korban yang yakni korban yang bernama Diana Sinaga yakni mengalami luka ringan, Dian Lubis dalam keadaan meninggal dunia dan Tiamin Sinambela juga dalam keadaan meninggal dunia.

Disamping itu Tim SAR gabungan masih akan terus melakukan pencarian para korban.

“Sampai saat ini, personel Polda Sumut, Polres Humbahas, TNI, SAR, bersama pemerintah daerah masih terus bekerja melakukan pencarian korban,” jelas Hadi.

Sebelumnya, Polda Sumut sudah mengerahkan unit K9 atau anjing pelacak terlebih dahulu guna membantu personel di lapangan dalam mencari korban yang hilang karena longsor.

Dengan adanya anjing pelacak tersebut, Hadi berharap kerja tim di lapangan dalam pencarian di daerah bencana tersebut dapat terbantu.

“Ditambah, Polda sumut juga menurunkan alat berat ke lokasi bencana untuk membantu evakuasi,”

Sebagai informasi, telah terjadi banjir bandang dan longsor di Desa Simangulamp, Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara, Jumat (1/12) malam sekitar pukul 21.30 WIB. (kt)