Warga Apresiasi Aparat Tertibkan Alat Peraga Kampanye di Jaksel

Ruas Jalan di Kawasan Jakarta Selatan setelah penertiban alat peraga kampanye tampak lebih rapi. (foto:gemapos/beritajakarta)
Ruas Jalan di Kawasan Jakarta Selatan setelah penertiban alat peraga kampanye tampak lebih rapi. (foto:gemapos/beritajakarta)

Gemapos.ID (Jakarta) - Personel gabungan di Jakarta Selatan melakukan penataan alat peraga kampanye (APK) yang terlihat semrawut dan dapat membahayakan pada 19-20 Januari 2024. Upaya merapikan APK ini sangat diapresiasi warga.

Salah seorang warga Kramat Pela, Kebayoran Baru, Hariyadi (42) mengatakan, banyaknya APK yang dipasang secara serampangan membuat estetika kota menjadi kurang baik.

"Saya apresiasi langkah pemerintah, Bawaslu dan pengurus partai politik yang cepat merespons keresahan masyarakat," ujarnya seperti dikutip dari beritajakarta,id, Senin (22/1/2024). 

Hariyadi menjelaskan, saat ini sudah memasuki musim hujan disertai angin kencang. Sehingga, APK yang banyak dipasang di flyover sangat rawan membahayakan pengguna jalan.

"Saya sudah melihat, salah satunya di Flyover Velbak sudah dirapikan. Terima kasih atas upaya yang dilakukan meskipun memang kita tahu tahun ini memang akan diadakan Pemilu," terangnya

Hal senda disampaikan, warga Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Charandika (26). Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang berperan dalam merapikan APK.

Menurutnya, dengan APK yang rapi, bukan hanya menambah keamanan dan kenyamanan warga, namun juga membuat Jakarta Selatan semakin indah dan tertata. 

"Kalau rapi dan tidak mengganggu aktivitas kita sehari-hari kan enak. Saya sangat apresiasi semua pihak yang berperan merapikan APK yang sudah rusak atau menggangu kami sebagai pengguna jalan," ungkapnya. 

Komisioner Bawaslu Jakarta Selatan, Ahmad Fahlevi menuturkan, partai politik dilibatkan dalam penertiban APK mengacu pada Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023.

"Terkait untuk menertibkan yang mengganggu estetika diturunkan mandiri dari para peserta pemilu," bebernya.

Ia meminta, dalam masa kampanye ini para peserta Pemilu juga dapat tertib untuk tidak memasang APK di tempat yang dapat membahayakan atau melanggar aturan.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan partai-partai peserta Pemilu 2024 yang memasang APK di Jakarta Selatan. Kita tidak bisa inisiatif copot, kita hanya mengawasi pemasangan APK," tandasnya.

Untuk diketahui, penertiban APK serentak dilakukan dengan sasaran merapikan APK di sejumlah lokasi di 10 wilayah kecamatan di Jakarta Selatan seperti, di Flyover Kuningan, Jalan Gatot Subroto, Flyover Mampang, Jalan Kapten Tendean, Jalan Mampang Prapatan, dan Flyover Velbak. (*)