Jakarta Siagakan Personil Gabungan Jelang Musim Hujan

Apel siaga menghadapi bencana musim penghujan di Waduk Perumahan Citra 8, Kelurahan Pegadungan, Kalideres, Selasa (28/11/2023).(Foto: gemapos/Beritajakarta)
Apel siaga menghadapi bencana musim penghujan di Waduk Perumahan Citra 8, Kelurahan Pegadungan, Kalideres, Selasa (28/11/2023).(Foto: gemapos/Beritajakarta)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sebanyak 400 personel gabungan dari unsur Satpol PP, BPBD, Sudin Gulkarmat, Lingkungan Hidup, Kesehatan, Sumber Daya Air, Sosial, Sudin Bina Marga,PPSU, Pramuka, PMI, TNI, Polisi, FKDM, LMK, serta lurah dan camat di Jakarta Barat, mengikuti apel siaga menghadapi bencana musim penghujan.

Kegiatan yang diadakan di Waduk Perumahan Citra 8, Kelurahan Pegadungan, Kalideres, Selasa (28/11/2023), dipimpin Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto di dampingi Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Hendra Hidayat; Waka Polres Jakarta Barat, AKBP Sarly Sollu dan Dandim 0503/JB; Letkol (Inf) Putra Siregar.

 

 

Uus mengatakan, kesiapsiagaan seluruh aparat dalam menghadapi musim penghujan yang diperkirakan terjadi pada pertengahan Januari 2024 ini sangat penting. Sebab, 40 persen wilayah di Jakarta Barat berada di bawah permukaan dan rawan terjadi genangan. Di antaranya wilayah Rawabuaya, Duri Kosambi, Jalan Panjang, serta Tegal Alur.

 

"Dengan kesiapsiagaan dan simulasi ini, kita berharap penanganan banjir saat musim hujan dapat ditangani dengan cepat dan baik," ucap Uus.

 

Selain personel, ungkap Uus, apel siaga ini juga menampilkan kesiapan sarana prasarana pendukung, seperti perahu karet, tenda, kendaraan operasional dan lain sebagainya.

 

"Semoga semua dapat tertangani dengan baik. Koordinasi juga harus diperkuat," tandas Uus. (rk)