Jokowi Cek Penyaluran Bantuan Pangan di Salatiga

Presiden Jokowi saat mengunjungi Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Senin (22/01/2024), untuk memastikan penyaluran bantuan pangan CBP diterima dengan baik. (Foto: gemapos/BPMI Setpres )
Presiden Jokowi saat mengunjungi Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Senin (22/01/2024), untuk memastikan penyaluran bantuan pangan CBP diterima dengan baik. (Foto: gemapos/BPMI Setpres )

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Jokowi berkunjung ke Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah, pada Senin (22/1/2024) untuk memastikan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) telah diterima dengan baik.

“Hari ini adalah hari pertama bantuan pangan kita berikan, ibu-ibu sudah dapat semua yang 10 kilo?” tanya Jokowi kepada para penerima manfaat yang hadir.

 

Kepala Negara mengatakan bahwa bantuan tersebut akan diberikan hingga bulan Maret 2024. Namun, bantuan serupa akan terus diupayakan pemerintah untuk dilanjutkan hingga bulan Juni mendatang sesuai dengan kondisi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Kita berdoa bersama semoga APBN kita kuat sehingga bisa terus dilakukan,” ungkap Presiden.

Ririn, salah seorang masyarakat yang sehari-hari berjualan kue mengaku sangat bersyukur dengan bantuan tersebut. Meski baru pertama kali mendapatkan, Ririn mengatakan bahwa bantuan tersebut dapat meringankan kebutuhan sehari-hari.

“Alhamdulillah saya bersyukur senang banget diberi bantuan sama Pak Jokowi, karena mengingat sekarang harga beras tinggi jadi sangat membantu untuk anak-anak saya,” ucap Ririn.

Juaeni, seorang petani, juga menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut. Ia berharap bantuan tersebut dapat terus dilanjutkan di masa mendatang.

“Ya mudah-mudahan tetap terus untuk membantu orang yang kekurangan, soalnya kehidupan di desa kan kayak gitu jadi susah sekali. Ini terima kasih bantuan dari pemerintah,” kata Juaeni.

Senada, Harjanti, turut mengapresiasi bantuan pangan yang diberikan pemerintah. Ia pun berharap bantuan tersebut diteruskan untuk meringankan kebutuhan hidup sehari-hari.

“Baru pertama dapat bantuan, senang untuk mencukupi kebutuhan hidup,” tutur Harjanti.

“Ya terus. (Program ini) sangat sangat membantu,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kegiatan ini adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog Mokhamad Suyanto⁠, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Pj. Wali Kota Salatiga Yasip Khasani. (aj)