Musim Penghujan, Desa Warnajati Lakukan Gerakan Tanam 1000 Pohon

Kepala Desa Warnajati Hilmi Nurhikmat kiri) dan Camat Cibadak Abdul Anafi (kanan) melakukan penyerahan bibit secara simbolis pada kegiatan penanaman pohon bersama, Kamis (18/1/2024). (foto: gemapos/gematani)
Kepala Desa Warnajati Hilmi Nurhikmat kiri) dan Camat Cibadak Abdul Anafi (kanan) melakukan penyerahan bibit secara simbolis pada kegiatan penanaman pohon bersama, Kamis (18/1/2024). (foto: gemapos/gematani)

Gemapos.ID (Jakarta) -  Desa Warnajati dalam rangka menyambut bulan penghujan lakukan gerakan penanaman pohon. Kades Warnajati mengaku kegiatan ini upaya untuk mengembangkan tempat tersebut menjadi kawasan wisata desa.

“Penanaman pohon ini adalah sebuah kegiatan untuk menata lahan supaya lebih rimbun, asri dan supaya lebih sejuk. Diharapkan ini bisa dikembangkan untuk wisata desa ke depan,” ujar Kades Warnajati Hilmi Nurhikmat berikan keterangan kepada gemapos, Kamis (18/1/2024).

Menurutnya gerakan ini adalah agenda tahunan yang diselenggarakan setiap tahunnya saat memasuki musim penghujan atau bulan penanaman pohon.

Penanaman pohon diselenggarakan di kawasan Cukang Lemah dimana terdapat juga situs-situs peninggalan yang membutuhkan vegetasi pohon. Rencananya pohon yang akan ditaman pada kegiatan kali ini mencapai 1000 pohon dengan harapan kawasan tersebut menjadi lebih hijau.

“Mudah-mudahan kawasan ini menjadi lebih hijau, lebih rimbun, banyak vegetasi dan bisa menjadi sumber resapan air, sehingga bermanfaat bagi lingkungan dan kelestarian alam,” lanjutnya.

Hilmi mengatakan bahwa hasil dari pohon tersebut nantinya akan digunakan bersama oleh masyarakat misalnya pohon yang berbuah, namun dengan ketentuan yang berlaku.

“Pohon penghasil kayu tentunya itu ada aturan tertentu, tapi untuk pohon-pohon buah ini bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Cibadak Abdul Anafi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pemerintah desa Warnajati bersama masyarakat setempat.

Harapannya semoga kegiatan ini tidak berhenti di sini, namun terus berlanjut agar memberikan manfaat untuk masa sekarang dan yang akan datang.

“Harus berkelanjutan, kita ketahui bersama lingkungan sekarang situasinya banyak terjadi kerusakan di mana-mana. Oleh karena itu, dengan adanya unsur yang peduli seperti Desa Warnajati ini  kami sangat mengapresiasinya. Mudah-mudahan ini bisa memberikan kemanfaatan saat ini dan tentu saja masa mendatang,” kata Abdul Anafi.

Adapun pihak yang turut ikut serta dalam gerakan ini yakni Kepada Desa Warnajati Hilmi Nurhikmat, Camat Cibadak Abdul Anafi, Kelompok Tani Amarta Cikahuripan Desa Warnajati, Linmas, PKK, Karang Taruna, BPD, serta pihak masyarakat. (kt)