Sudin Dukcapil Jaksel Hadirkan Inovasi Baru Layanan Bagi Penyandang Disabilitas

Sudin Dukcapil Jaksel Hadirkan Inovasi Baru Layanan Bagi Penyandang Disabilitas Yakni LAKSA Betawi. (gemapos/BeritaJakarta)
Sudin Dukcapil Jaksel Hadirkan Inovasi Baru Layanan Bagi Penyandang Disabilitas Yakni LAKSA Betawi. (gemapos/BeritaJakarta)

Gemapos.ID (Jakarta)- Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil) Jakarta Selatan membuat terobosan baru guna menghadirkan layanan khSudinusus bagi penyandang disabilitas melalui Layanan dengan Kasih Sayang atau disingkat LAKSA Betawi. 

"Tidak semua warga dapat hadir ke loket pelayanan Dukcapil karena memiliki keterbatasan. Kita buat LAKSA Betawi dengan mekanisme jemput bola atau door to door, terutama untuk perekaman foto KTP elektronik," ujar Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Nur Rahman, Rabu (17/1/2024).

Diketahui bahwa inovasi atau terobosan ini dilakukan sebagai komitmen terhadap kesetaraan bagi semua warga untuk mendapatkan pelayanan terbaik, tidak terkecuali bagi penyandang disabilitas.

Adapun pelayanan perekaman foto KTP elektronik yang diberikan kepada penyandang disabilitas meliputi rekam sidik jari, retina atau bola mata, serta pengambilan visual foto untuk disimpan dalam database kependudukan.

Sementara untuk mendapatkan layanan tersebut warga dapat mengisi formulir permohonan dengan cara memindai QR-Code atau mengisi formulir melalui tautan bit.ly/LaksaBetawiJaksel yang dapat diakses pada smartphone.

"Saya sudah minta petugas kami agar ekstra hati-hati, sabar dan penuh rasa kasih sayang dalam melayani warga penyandang disabilitas," lanjut Nur.

Nur juga menambahkan, berbagai layanan yang dilakukan bertujuan agar warga tertib administrasi kependudukan (adminduk). Sebab, setiap warga negara Indonesia berhak memilik identitas yang sah.

"Secara kumulatif, pada tahun 2023 perekaman KTP elektronik di Jakarta sudah mencapai 1.788.000 jiwa atau 99,7 persen dari target sebanyak 1.793.287 orang," tandasnya.(kt)