Sudin SDA Jaksel Lakukan Upaya Preventif Dan Aksi Penanganan Banjir Saat Musim Hujan

Pasukan Biru, Suku Dinas (Sudin) SDA Jaksel lakukan upaya preventif dan aksi penanganan genangan dan banjir. (gemapos/Beritajakarta)
Pasukan Biru, Suku Dinas (Sudin) SDA Jaksel lakukan upaya preventif dan aksi penanganan genangan dan banjir. (gemapos/Beritajakarta)

Gemapos.ID (Jakarta)- Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan lakukan upaya preventif dan aksi penanganan genangan maupun banjir. Berbagai upaya preventif sudah dilakukan dalam menghadapi musim hujan, yakni pembuatan dan revitalisasi saluran hingga pengerukan saluran mikro maupun makro. 

"Kita mempunyai PJLP total mencapai 1.039 orang dengan jumlah personel terkait dengan pengendalian banjir sebanyak 586 petugas yang tersebar di sepuluh kecamatan. Kemudian, khusus untuk petugas pompa ada 291 orang," ujar Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Selatan, Santo, Kamis (11/1/2024). 

Diketahui bahwa sarana dan prasarana pendukung yang disiagakan, diantaranya truk sebanyak 86 unit, alat berat 58 unit, dan pompa stasioner 116 unit.

"Kita juga menyiagakan sebanyak 50 unit pompa mobile dalam kondisi prima. Puluhan pompa mobile itu terdiri dari, pompa mobile truk 13 unit, pompa portable sebanyak 12 unit, dan pompa apung 25 unit," terangnya.

Selain itu, Sudin SDA Jaksel juga menyiapkan bahan material untuk penanganan banjir berupa 500 karung pasir di tiap-tiap kecamatan.

Tidak hanya itu, di tingkat Sudin juga disiagakan sebanyak 2.000 karung pasir. Kemudian juga terdapat batu kali 2.000 meter kubik, kawat bronjong 1.500 buah, dan kayu dolken 2.000 batang. 

"Bahan material tersebut kita siapkan untuk perbaikan dalam keadaan darurat seperti tanggul jebol, longsor, dan sebagainya," tandasnya.(kt)