Kemenko Perekonomian Tinjau Langsung Tingkat Kemajuan Terkini Pembangunan IKN

Kemenko Perekonomian tinjau langusung ingkat kemajuan terkini pembangunan IKN serta diskusikan konsep smart City, Sabtu (23/12/2023). (gemapos/Kemenko Perekonomian RI)
Kemenko Perekonomian tinjau langusung ingkat kemajuan terkini pembangunan IKN serta diskusikan konsep smart City, Sabtu (23/12/2023). (gemapos/Kemenko Perekonomian RI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian menggelar kegiatan Diseminasi Capaian Pembangunan Ibu Kota Nusantra (IKN) di Balikpapan, Sabtu (23/12/2023).

“Ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah, Undang-Undang Nomor 3 tahun 2022. Kita akan bersama-sama pindah bertahap ke IKN. Walaupun pembangunannya masih bertahap, yang mana jangka panjangnya hingga 2045, namun tahap awal ini sudah berlangsung, dan dalam forum ini kita bisa sama-sama mendengarkan progres terkini pembangunan IKN langsung dari Kementerian PUPR dan Otorita IKN,” ujar Sekretaris Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso yang dikutib dari laman resmi Kemenko Bidang Perekonomian RI, Sabtu (23/12/2023).

Selain itu, deputi Bidang pendanaan dan Investasi Badan Otorita IKN Agung Wicaksono menjelaskan bahwa terdapat 12 sektor fundamental yang teridentifikasi untuk pembangunan proyek di IKN yaitu renewable energy, telecomunication network, transportation, housing, water treatment, waste management, tecnology infrastructure, comercia infrastructure, medical facilities, social and public facilities, education facilities, green industrial zone. Untuk pengembangan proyek pembangunan IKN tersebut, terdapat 6 potensi skema pembiayaan yang diperoleh dari APBN dan partisipasi swasta.

Lebih lanjut, Deputi Agung menjelaskan terkait realisasi proyek diantaranya sektor Energi Baru Terbarukan (EBT), transportasi hijau, dan pendidikan. Realisasi proyek Energi Baru Terbarukan dengan pembentukan PLTS 50 MW oleh PLN dan terdapat calon investor lainnya. Kemudian realisasi proyek transportasi hijau dengan penyediaan BRT Listrik oleh Bluebird dan terdapat calon investor transportasi lainnya, terdapat calon investor domestik dan internasional dalam pengembangan sektor pendidikan di IKN.

Usai menggelar forum diseminasi capaian IKN, Kemenko Perekonomian didampingi oleh pihak Otorita IKN melakukan peninjauan tingkat kemajuan pembangunan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator yang terdiri dari 4 area pekerjaan. Tidak hanya mengunjungi kawasan Kementerian Koordinator, rombongan juga mengunjungi Titik Nol, Sumbu Barat dengan pemandangan Istana Negara dan Kantor Pemerintahan, lalu dilanjutkan dengan mengunjungi rumah teknologi.

“Sebagaimana optimisme yang selalu digaungkan Bapak Presiden dan Bapak Menko, pada intinya kita mempersiapkan semuanya dan tidak perlu khawatir terhadap hal-hal baru,” pungkas Sesmenko Susiwijono.

Kegiatan diseminasi capaian pembangunan IKN dan kunjungan ke IKN turut diikuti oleh para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenko Perekonomian dengan didampingi pihak Otorita. (kt)