Beda Respon Jokowi dan Kaesang Jelang Gibran Ikuti Debat Cawapres

ilustrasi - Kaesang, jokowi dan Giibran. (gemapos/GenPi.co)
ilustrasi - Kaesang, jokowi dan Giibran. (gemapos/GenPi.co)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pelaksanaan debat cawapres 2024 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, hari ini, Jumat (22/12) pukul 19.00 WIB. Salah satu cawapres yang menjadi banyak sorotan publik yakni Gibran Rakabuming Raka dari Paslon nomor urut 2. 

Ayah Gibran yang juga Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), ketika ditanyakan respon dan arahannya untuk anaknya tersebut, memastikan tak ada wejangan atau pesan khusus untuk Gibran.

"Ya mau debat, ya, silakan debat," ujar Jokowi di Astor Ballroom Hotel St Regis, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2023).

Jokowi bahkan menyebut belum sempat bertemu Gibran lagi. Jokowi kembali menegaskan tak ada wejangan untuk Gibran.

"Ya ketemu, nggak pernah ketemu. Ketemu (Gibran) aja nggak pernah. Nggak, nggak (ada wejangan). Wejangan apa sih? Debat ya debat gitu aja," kata Jokowi.

Akan tetapi, Jokowi mengatakan bahwa dirinya akan menonton debat cawapres 2024.

"Ya (menonton debat) di rumah. Bisa di Jakarta, bisa di Bogor, bisa di Solo," katanya.

"Harapannya, debatnya ramai," jelas Jokowi.

Di lain sisi, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep memberikan pernyataan jelas terkait persiapan Gibran dalam mengikuti debat tersebut. Dirinya mengungkap kesiapan kakaknya itu dan memastikan tema debat hari ini dikuasai oleh Gibran.

"Beliau sudah siap, apalagi hari ini temanya yang inilah yang dikuasai oleh beliau," ucapnya saat ditemui di Hotel M Bahalap, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (22/12/2023).

Diketahui, debat kedua pilpres ini bertema Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Debat cawapres akan dipandu oleh dua moderator, yakni Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa. Ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.

Berdasarkan keterangan KPU, terdapat enam segmen dalam jalannya debat cawapres 2024. Segmen 1 adalah penyampaian visi misi dan program kerja. Lalu, segmen 2, 3, 4, dan 5 adalah pendalaman visi misi dan program kerja. Moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan. Kemudian, para peserta debat lain akan saling menanggapi. Segmen 6 adalah penutup atau closing statement. Masing-masing peserta debat atau capres akan memberikan pernyataan penutup. (ns)