Survei IPO: Prabowo-Gibran Unggul di Kalangan Anak Muda

Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (foto:gemapos)
Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (foto:gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Survei Indonesia Political Opinion (IPO) mengungkap hasil terbarunya, mencatat elektabilitas pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran lebih tinggi ketimbang pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hal itu dingkap Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah dalam Webinar Political Public and Policy Studies (P3S) bertajuk 'Berebut Suara Anak Muda Siapa yang Unggul?' pada Kamis (23/11).

"Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan yang paling dikenal anak muda," ujar Dedi seperti dikutip dalam siaran ulang webinar, Jumat (24/11/2023).

Dedi menyebutkan hasil survei IPO awalnya dilakukan simulasi tiga capres. Hasilnya, Prabowo memperoleh 37,5 persen. Anies 32,7 persen di peringkat kedua dan Ganjar 28,3 persen di peringkat ketiga. Sedangkan ada 1,5 persen responden yang belum memilih.

 

Sementara dalam simulasi tiga pasangan capres-cawapres, hasilnya tidak jauh berbeda. Pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming menjadi yang pertama dengan 36,2 persen, disusul Anies-Muhaimin Iskandar 34,1 persen di peringkat kedua, dan Ganjar-Mahfud MD di peringkat ketiga dengan 27,1 persen.

“Ada beberapa generasi muda yang belum menentukan pilihan," ungkap Dedi.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur P3S, Jerry Massie menyebut tingginya antusiasme anak muda terhadap Prabowo dikarenakan saat ini capres nomor urut 2 itu terkenal dengan Capres yang gemar bergurau.

“Selain itu sekarang dia juga gemar tersenyum. Itu yang membuat daya tarik untuk kalangan muda,” ujarnya.

Selain itu, Jerry juga menilai pasangan Prabowo-Gibran berpeluang menyasar pemilih muda yang masih belum menentukan pilihannya.

"Saya kira jika Prabowo-Gibran bisa menyapu suara anak muda," kata dia.

Jerry menyebut saat ini wilayah yang paling banyak menyumbang suara yakni Jawa Barat. Ditambah ada sosok Ridwan Kamil yang menurut Jerry akan menguntungkan kubu Prabowo-Gibran.

"Apalagi jika mereka menguasai pemilih di Jawa Barat dengan jumlah hampir 35 juta, dan Jawa Timur 33 juta pemilih," sambungnya.
 
Selain Jerry juga menyoroti adanya Partai Amanat Nasional (PAN) di kubu Prabowo disebut Jerry juga menguntungkan, lantaran banyaknya artis. Selain itu, faktor Jokowi, Iriana, Gibran dan Kaesang bersama PSI dinilai mampu menambah kekuatan elektoral Prabowo yang hampir mencapai 40 persen.

"Siapa pun presidennya, kita berharap Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya,” tutupnya. (rk)