Ganjar Soal Hasil Surveinya Terbawah: Kami Kampanye Selalu Ramai

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (foto:gemapos/gesuri.id)
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo. (foto:gemapos/gesuri.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku tak ambil pusing menanggapi sejumlah hasil survei yang menempatkan dirinya dan Mahfud Md di urutan ketiga. Dirinyna menyebut setiap survey punya hasil yang berbeda-beda.

"Masing-masing survei beda-beda begitu ya," kata Ganjar saat kunjungan ke Banda Neira, Maluku Tengah, Selasa (30/1/2024).

Saat ini dirinya mengatakan hanya ingin fokus bertemu rakyat. Ganjar berpendapat bahwa dengan bertemu rakyat, dia dapat mengetahui permasalahan yang dirasakan oleh rakyat.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengaku dirinya mendapat banyak video mengenai hasil survei baik rendah maupun tinggi. Namun, menurutnya, setiap turun ke bawah, dia merasakan antusiasme tinggi dari rakyat.

"Saya mendapatkan begitu banyak sekali video-video yang ada yang surveinya rendah, ada yang sedang, ada yang tinggi, tapi pas ketemu masyarakat kenapa ya Ganjar-Mahfud selalu ramai gitu," tuturnya.

Ganjar kemudian menyinggung ada pihak yang berpidato dengan sedikit masyarakat yang hadir. Ganjar kemudian mengatakan sebaiknya percaya terhadap suara rakyat.

"Kenapa yang kemarin ada yang kosong, bahkan ada yang pidato di depan sedikit orang begitu. Jadi percayalah pada suara rakyat tapi kita boleh selalu membaca hasil survei," katanya.

Terbaru, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terkini terkait elektabilitas Pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2024. Hasilnya, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tembus 50%.

Hasil survei terbaru yang dilakukan pada 16-26 Januari 2024 ini, dipaparkan oleh peneliti LSI Dennya JA, Adjie Al Faraby, Selasa (30/1/2024). 

Metode penentuan sampel yakni multi stage random sampling, didapatkan 1.200 responden. Teknik pengumpulan data yakni wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Dalam survei ini margin of error +-2,9%.

Dalam survei ini dilakukan simulasi kertas suara dengan tiga pasangan peserta Pilpres 2024. Hasilnya sebagai berikut:

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 50,7%
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22%
Ganjar Pranowo- Mahfud Md 19,7%
Suara tidak sah 0,7%
BM/Rahasia/TT/TJ 6,9% (ns)