Survei Anjlok, Begini Komentar Ganjar

Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (foto: gemapos/gesuri.id)
Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (foto: gemapos/gesuri.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku bakal lebih sering bertemu rakyat untuk meningkatkan eletkabilitasnya yang masih tertinggal dibanding dua kandidat lainnya. 

"Oh iya sekarang kita harus bertemu dengan rakyat, ketemu dengan masyarakat," kata Ganjar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (14/12). 

Ganjar tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai hasil sejumlah survei yang menunjukkan elektebilitasnya berada di bawah dua calon lain. Menurut dia, hal itu merupakan hak publik untuk memberikan penilaian.

"Biarkan itu menjadi domain publik untuk saling mendiskusikan, tapi tugas kami bertemu dengan rakyat dan konsolidasi partai serta relawan mulai berjalan," kata Ganjar seperti dikutip gemapos, Jumat (15/12/2023). 

Sejumlah hasil survei menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD tertinggal dari dua kandidat lain, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dan Anies Baswedan-Muhaimin Iksandar. 

Berdasarkan jajak pendapat Litbang Kompas pada 29 November-4 Desember 2023, pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran, memiliki elektabilitas tertinggi sebesar 39,3 persen. 

Prabowo-Gibran unggul cukup jauh dibandingkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (16,7 persen) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (15,3 persen). (rk/*)