Survei Point Indonesia: Prabowo-Gibran Unggul 52,9%, Pemilu Bisa Satu Putaran

Hasil Survei Poin Indonesia. (gemapos/devy)
Hasil Survei Poin Indonesia. (gemapos/devy)

Gemapos.ID (Jakarta) - Lembaga Poin Indonesia merilis hasil survei terkini terkait elektabilitas pasangan calon Presiden dan calon wakil Presiden (capres - cawapres) peserta Pemilu 2024. Hasilnya, survei tersebut menunjukan elektabilitas Prabowo-Gibran menembus angka 52,9 persen.

Data tersebut diungkap oleh CEO Point Indonesia, Karel Haryo Susetyo dalam rilis survei terbarunya berkenaan dengan “Perilaku Pemilih Jelang Pemilu 2024, Pemilu Sekali Putaran Makin Nyata” pada hari  Rabu, (31/1/2024).

“Prabowo-Gibran di urutan pertama dengan elektabilitas 52,9%, disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,7% lalu Ganjar-Mahfud MD 19,1%, Lantas untuk undecided voters saat riset ini dilakukan adalah 5,3 persen.” papar Karel.

"Tingkat probabilitas pemilu untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden akan berlangsung sekali putaran tinggi, yakni pasangan calon nomor urut 2 tampil dengan tingkat elektabilitas 52,9 persen," kata CEO Point Indonesia Karel Harto Susetyo, dalam pemaparan daring di Jakarta, Rabu.," lanjut Karel.

Karel menjelaskan mengapa elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dan berjarak begitu jauh dengan pasangan lainnya. Menurutnya, usai debat Pilpres 2024, pemilih sudah menentukan pilihannya.

"Kalau menurut kami, analisa kami, debat capres-cawapres sudah mulai berakhir publik atau pemilih sudah menentukan pilihannya," katanya.

Survei Point Indonesia ini dilakukan pada periode 26-28 Januari 2024 dengan jumlah sampel survei sebanyak 1.500 responden dengan Margin of Error (MoE) sebesar kurang lebih 2,53%. Adapun, teknik pengumpulan data survei ini dilakukan melalui pembangkitan nomor mobile phone. (ns)