Hasil Survei Alvara di Banten: Prabowo - Gibran Tembus 61,6%

Capres - cawapres peserta pemilu 2024. (gemapos/RRI)
Capres - cawapres peserta pemilu 2024. (gemapos/RRI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Alvara research center merilis hasil survei elektabilitas capres-cawapres di Provinsi Banten. Hasilnya, paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mendapat suara responden paling banyak.

Secara detail, hasil dari survei menunjukan paslon 1,  Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 24,5%, kemudian paslon 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming meraih 61,6% dan paslon 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapat angka terkecil dengan raihan 12,2%. Kemudian terdapat responden yang belum memutuskan sebanyak 1,7%.

Survei ini digelar pada 22 Januari-1 Februari 2024 di Banten. Survei dilakukan secara tatap muka dengan metode multi-stage random sampling yang melibatkan responden berusia 17 tahun ke atas.

Sampel tersebar di seluruh Kabupaten/ Kota Provinsi Banten sebanyak 2401 responden. Rentang margin of error sebesar 2,04% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti Senior Alvara Research Center, Lilik Purwandi mengatakan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul di hampir seluruh kabupaten/kota Provinsi Banten. Dia mengatakan paslon 02 ini berpotensi menang di Banten.

"Secara umum, elektabilitas pasangan Prabowo - Gibran unggul lebih dari 50% di hampir seluruh Kabupaten/ Kota, kecuali di Kota Tangerang. Hal ini menunjukkan, elektabilitas pasangan 02 akan sulit terkejar dalam waktu dekat, sehingga pasangan ini berpotensi akan menang di Provinsi Banten", katanya.

Sementara itu, elektabilitas pasangan berdasarkan Generasi usia pemilih, pasangan Prabowo - Gibran juga terlihat unggul di semua Generasi dibandingkan pasangan Capres - Cawapres lainnya. Dengan hasil sebagai berikut; pada pemilih gen Z elektabilitas pasangan Prabowo - Gibran sebesar 69,1%, sedangkan pada generasi millenial elektabilitas pasangan Prabowo - Gibran mencapai 60,6% dan pada pemilih generasi X elektabilitas Prabowo - Gibran mencapai 58,3%, sementara itu pada pemilih baby boomers elektabilitas Prabowo-Gibran sebesar 49%.

"Mayoritas pemilih muda (Gen Z dan Millenial) di Provinsi Banten memilih pasangan Prabowo-Gibran, hal ini menunjukkan semakin muda generasi pemilih di Banten maka cenderung akan memilih pasangan Prabowo - Gibran," pungkasnya. (ns)