TPN Ganjar : Ganjar-Mahfud Menang, KUR Makin Tepat Sasaran

Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud, Sumantri Suwarno. (gemapos/Antara)
Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud, Sumantri Suwarno. (gemapos/Antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, sampaikan bahwa Ganjar-Mahfud akan pastikan tidak akan ada lagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang mengalami kegagalan dalam mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Karenanya program kredit usaha rakyat yang per tahun telah menyalurkan pendanaan murah dengan plafon hampir Rp300 triliun akan dipertajam agar tepat sasaran, terutama prosesnya menjadi lebih cepat dan sederhana,” ujar Sumantri Suwarno dalam keteranggannya, Kamis (14/12/2023).

Dunia saat ini telah berubah dan digitalisasi ekonomi telah merambah ke semua sektor sehingga pemberian KUR tidak boleh lagi dijalankan dengan cara business as usual (BAU), tetapi harus memiliki kecepatan yang sama dengan gerak laju ekonomi digital.

Diketahui bahwa KUR selama ini terus membesar plafonya, tetapi daya dorongnya tidak terlalu terasa karena belum dilakukan penajaman strategi dan prioritas penyaluran.

Melalui prioritas yang diberikan kepada pengusaha muda maka kelompok usia produktif tersebut akan menjadi bagian terpenting dari pertumbuhan ekonomi menuju Indonesia Emas 2045.

“Dan yang terpenting, jika Ganjar-Mahfud terpilih tidak boleh ada lagi UMKM yang gagal mendapatkan KUR selama syarat dasarnya terpenuhi,” tandas Sumantri. (ns)