Ganjar Dilaporkan ke KPK, Sahroni: Itu Hal Biasa

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. (gemapos/DPR RI)
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. (gemapos/DPR RI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni merespon terkait Indonesia Police Watch (IPW) melaporkan Ganjar Pranowo ke KPK terkait dugaan penerimaan gratifikasi. Sahroni sendiri meyakini tak ada motif politik terkait laporan ini. 

"Kalau laporan ini disubmit sebelum Pilpres kemarin, itu baru berpolemik. Tapi kan sekarang sudah selesai, saya kira tidak ada motif-motif politik tertentu," ujar Sahroni kepada wartawan, Selasa (5/3/2024).

Sahroni menilai laporan semacam itu adalah hal yang biasa. Dirinya pun menyebut pengalamannya yang juga pernah dilaporkan.

"Saya saja pernah dilaporkan kan, walau tak ada dasar dan bukti yang cukup," jelas Sahroni.

Bendum Partai Nasdem itu jugam meminta KPK untuk memproses laporan IPW bila ada bukti-bukti pendukung. Dia juga meminta KPK, harus transparan.

"KPK juga wajib menerima dan memproses laporan dari siapapun, apabila ada bukti-bukti yang mendukung. Kalau ternyata bukti tak mencukupi sehingga laporan tak bisa lanjut, ya diumumkan saja secara transparan," ucapnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso Direktur Utama Bank Jateng periode 2014-2023 bernama Supriyatno dan Gubernur Jateng periode 2013-2023 Ganjar Pranowo ke KPK terkait dugaan penerimaan gratifikasi. IPW juga menyertakan bukti pelaporan ke KPK.

"IPW melaporkan adanya dugaan penerimaan gratifikasi dan/atau suap yang diterima oleh Direksi Bank Jateng dari perusahaan-perusahaan asuransi yang memberikan pertanggungan jaminan kredit kepada kreditur Bank Jateng. Jadi istilahnya ada cashback," ucap Sugeng.

"Cashback-nya diperkirakan jumlahnya 16% dari nilai premi. Nah cashback 16% itu dialokasikan 3 pihak. Lima persen untuk operasional Bank Jateng baik pusat maupun daerah, 5,5% untuk pemegang saham Bank Jateng yang terdiri dari pemerintah daerah atau kepala-kepala daerah yang 5,5% diberikan kepada pemegang saham pengendali Bank Jateng yang diduga adalah kepala daerah Jawa Tengah dengan inisial GP," imbuhnya.

Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Imam Priyono, angkat bicara. Imam menegaskan Ganjar selalu mengedepankan sikap antikorupsi.

"Pada prinsipnya, dalam kepemimpinan, Mas Ganjar selalu mengedepankan transparansi dan antikorupsi," kata Imam. (ns)