Cegah Stunting, Menko PMK : Anak-Anak Banyak Makan Ikan Itu Sehat

Menko PMK Muhadjir Effendy lakukan kunjungan ke Desa  Komodo dan Desa Pasir Putih di Kab. Manggarai Barat, Jumat (8/12/2023). (gemapos/Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy lakukan kunjungan ke Desa Komodo dan Desa Pasir Putih di Kab. Manggarai Barat, Jumat (8/12/2023). (gemapos/Kemenko PMK)

Gemapos.ID (Jakarta)- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK)  lakukan kunjungan dan dialog dengan masyarakat desa-desa pesisir yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, Desa Komodo dan Desa Pasir Putih, Jumat (8/12/2023).

Dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Sabtu (9/12/2023), Menko PMK meminta agar daerah pesisir dapat mengoptimalkan sumber daya maritimnya yakni ikan laut sehingga anak-anak desa pesisir tidak terkena dampak stunting. 

“Jadi kalo anak-anak itu banyak makan ikan itu sehat, karena mengandung protein hewani  dan asam folat yang bagus untuk tumbuh kembangnya,” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy, yang dirilis di laman Kemenko PMK, Sabtu (9/12/2023). 

Selain itu, Muhadjir juga menekankan bahwa pentingnya tablet tambah darah bagi ibu hamil yang memberikan manfaat untuk pencegahan stunting sejak dini. 

“Ibu hamil jangan lupa minum pil tambah darah kemudian gizinya cukup, ditarget konsumsi ikan laut itu sehari satu kilo supaya janin yang ada di dalam kandungannya sehat dan cerdas,” lanjutnya. 

Diketahui menurut Muhadjir perlu melakukan optimalisasi penggunaan dana desa untuk penghapusan kemiskinan ekstrem yakni dengan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. 

“Jadi penggunaan dana desa sangat membantu untuk menyelesaikan isu prioritas nasional yakni penghapusan kemiskinan ekstrem dan pengentasan stunting,” jelasnya kembali. 

Adapun pihak yang turut hadir dalam acara tersebut yakni Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng, Brigadir Jenderal Agus Adriyanto, Kepala Desa Komodo H. Aksan beserta dengan jajarannya dan juga Sekretaris Desa Pasir Putih Yogi Indrawan.(kt)