Ketahui Tanda-tanda Trust Issue dalam Hubungan dan Cara Mengatasinya

Ilustasi Salah Satu Pasangan Mengalami Trust Issue (Foto: Gemapos/Fimela)
Ilustasi Salah Satu Pasangan Mengalami Trust Issue (Foto: Gemapos/Fimela)

Gemapos.ID (Jakarta) -  Trust issue merupakan munculnya rasa yang sulit percaya kepada orang lain dalam hubungan atau di suatu kondisi tertentu.

Biasanya trust issue muncul karena orang tersebut disakiti, dikecewakan, atau dikhianati oleh seseorang yang sudah dipercayainya. Akibat dari seseorang yang mempunyai rasa trust issue bisa menjadi dampak negatif saat menjalin hubungan, dan sebagainya.

Dikutip dalam artikel yang dirilis dalam halodoc, berikut dibawah ini tanda – tanda trust issues yang perlu untuk diketahui:

1. Curiga yang Berlebihan

Kamu akan selalu mempersiapkan diri jika dikhianati, dikecewakan, atau motif tersembunyi yang lainnya.

2. Menyimpan Dendam

Jika sudah dirusak kepercayaan atau dikecewakan oleh seseorang, maka kejadian tersebut tidak akan pernah bisa dilupakan dan akan menyimpan dendam agar seseorang yang mneyakitinya merasakan hal yang serupa.

3. Mengingat – ingat Kesalahan yang Lalu

Susah untuk mempercayai pasangan atau teman, sehingga akan secara terus menerus mengungkit masalah masa lalu orang tersebut.

4. Fokus kepada Hal yang Negatif

Anda akan lebih mendalam memperhatikan kelemahan orang lain daripada kelebihannya, hal tersebut juga menjadi salah satu masalah kepercayaan.

5. Tidak Suka untuk Bercerita Tentang Kepribadian

Rasa trust issue juga akan membuat seseorang lebih suka menyimpan semuanya sendirian. 

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa trust issues:

1. Belajar untuk Selalu Berpikir Hal Positif

Coba biasakan diri sendiri untuk mempercayai orang lain dari hal – hal kecil telebih dahulu dan cobalah untuk lebih mendalam memahami diri sendiri, seperti perasaan dan pemikiran. Hal tersebut akan membantu untuk mengidentifikasi pola pemikiran yang negatif dan mengganti menjadi hal yang lebih positif.

2. Hindarkan jika muncul Niat untuk Stalking

Dengan cara memantau orang lain bisa mudah menjadikan kamu memiliki perilaku obsesif yang dapat memperburuk masalah kepercayaan. Hindarkan hal tersebut dan lebih fokuskan kepada diri sendiri.

3. Luangkan Waktu untuk Mengenal Orang Baru

Jangan terlalu cepat untuk mempercayai seseorang sebelum mengenal orang tersebut secara mendalam. Sudah tidak sedikit orang yang memiliki masalah kepercayaan karena terlalu cepat untuk percaya, sehingga hal tersebut menjebak anda ke dalam polanya.

4. Berkomunikasi Bersama Pasangan atau Keluarga

Jangan terlalu cepat untuk menuduh atau menyalahkan seseorang jika belum pasti dengan kebenarannya. Sebaiknya, komunikasikan terlebih dahulu dengan jelas gimana perasaan dan apa yang anda butuhkan. (na)