Survei CigMark Ungkap Kepuasan Wagra Jabar ke Ridwan Kamil Capai 90,27 Persen

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (ant)
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Hasil survei dari lembaga CigMark mencatat kepuasan warga Provinsi Jawa Barat dengan kinerja Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil sangat tinggi yakni mencapai 90,27 persen.

"Hasil survei Maret 2023 pada 2000 responden tersebut mencatat kepuasan masyarakat Jawa Barat terhadap kinerja Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat mencapai 90,27 persen. Angka 90,27 persen ini gabungan dari yang sangat puas 19,78 persen dan 70 persen lebih cukup puas," kata Founder CigMark Setia Darma di Kota Bandung, Senin (17/4/2023).

Ditemui saat pemaparan hasil survei bertema "Inventarisasi Permasalahan di Jawa Barat serta Kepuasan terhadap Pemerintah", Setia Darma mengatakan sebanyak 73,55 persen responden menginginkan kembali Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat untuk periode selanjutnya.

"Jadi ada faktor 'trust' yang kuat dari masyarakat pada Pak Ridwan Kamil untuk menuntaskan sejumlah persoalan yang dikeluhkan," kata dia.

Menurut dia dari penilaian masyarakat Jawa Barat terhadap beberapa hal yang muncul dan dianggap permasalahan di Jawa Barat yang penting untuk ditanggapi dan ditangani oleh para stakeholder.

Dia mengatakan secara umum dalam hasil survei tersebut diantaranya adalah tiga keluhan utama terkait permasalahan jalanan yang rusak 41,00 persen kemudian masalah pengangguran 40,08 persen dan modal usaha kecil 28,08 persen.

Sementara jika dilihat permasalahan berdasarkan aspek ekonomi, kenaikan harga beras dan bahan bakar minyak (BBM) merupakan permasalahan yang harus segera ditangani.

"Lalu dari aspek pendidikan adalah harapan akses bagi masyarakat miskin untuk menikmati pendidikan murah atau gratis. Sedangkan untuk aspek kesehatan adalah permasalahan akses masyarakat miskin untuk mendapatkan pengobatan, kesehatan murah atau gratis," kata dia.

Hal ini persoalan umum di daerah yang dikeluhkan masyarakat, kinerja pemerintahan daerah secara umum bukan provinsi saja.

"Namun masyarakat menaruh harapan tinggi Pak Gubernur bisa menyelesaikan masalah yang dikeluhkan," kata dia.

Menurut Setia Darma, kepuasan atas kinerja Ridwan Kamil dari masyarakat harus dijawab oleh gubernur dengan melakukan koordinasi dengan kepala daerah di 27 kabupaten/kota dan terobosan di sisa waktu jabatan.

"Dan diharapkan dalam empat bulan sisa jabatan ini Ridwan Kamil melakukan sejumlah gebrakan," kata dia. (pu)