Asosiasi Kemberin Resmikan 130 Baru dari Berbagai Daerah di Gedung Kemenparekraf

Asosiasi Kembali Berwisata Indonesia (Kemberin) meresmikan 130 anggota baru dari berbagai daerah di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (foto: gemapos/ antara)
Asosiasi Kembali Berwisata Indonesia (Kemberin) meresmikan 130 anggota baru dari berbagai daerah di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (foto: gemapos/ antara)


Gemapos.ID (Jakarta)- Asosiasi Kembali Berwisata Indonesia (Kemberin) meresmikan 130 anggota baru dari berbagai daerah di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ketua Umum Asosiasi Kemberin Richard Bangun mengapresiasi para anggota baru dari berbagai daerah yang jauh, seperti Yogyakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

“Acara ini bertujuan mempererat dan memperluas silaturahim antar  anggota Kemberin guna membangun sinergi dan kolaborasi positif, mengenalkan Kemberin beserta program-programnya kepada seluruh anggota, dan menyinergikan program Kemenparekraf untuk menggerakkan roda pariwisata Indonesia,” ujar Richard dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Dengan kolaborasi dan sinergi antara Kemberin dengan Kemenparekraf, lanjut dia, diharapkan dapat mendukung ketercapaian target pergerakan wisatawan nusantara dan penciptaan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Berdasarkan data Kemenparekraf, jumlah wisatawan mancanegara mencapai 5,2 juta untuk periode Januari-Juni 2023 dari target 8,5 juta di tahun 2023. Adapun jumlah wisatawan nusantara sudah mencapai 434 juta untuk periode Januari-Juni 2023 dari target 1,2-1,4 miliar di tahun 2023.

Dalam momen peresmian anggota baru, Asosiasi Kemberin mengusung tema acara, yaitu “TRUST in Kemberin: Together are Unity and Strongness”.

Peresmian ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno secara daring dan tamu undangan lainnya yang hadir secara luring, yaitu Deputi Bidang Pengembangan Destinasi & Infrastruktur Kemenparekraf Hariyanto, Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf Syaifullah, CEO Sriwijaya Captain Ardhana Sitompul, dan Pimpinan Grand Mercure Jakarta Azwar Mushalin.

Acara peresmian ini dilengkapi dengan sesi talkshow bertema “Empowering Trust: Building Strong Partnerships for Sustainable Tourism”. Narasumber yang berperan pada talkshow tersebut adalah Syaifullah, Captain Ardhana Sitompul, dan CEO Anjani Group R. Julio Aldicar.

Selain itu, terdapat program capacity building sebagai sesi untuk berkenalan dan saling bonding antar peserta atau anggota lain yang jumlahnya ratusan orang dari berbagai daerah.

Setelah momen ini, Kemberin disebut melanjutkan program roadshow kepada Dinas Pariwisata Provinsi untuk memperkenalkan tentang Kemberin dan menggali peluang kolaborasi atau kerja sama yang bisa dilakukan untuk mendukung kemajuan pariwisata di daerah tersebut.

“Hari ini kami bersama-sama menyambut dan meresmikan keanggotaan baru Kemberin dengan harapan bahwa acara ini tidak hanya sekadar seremonial saja, tetapi juga setelahnya mampu dikonversi menjadi kolaborasi, dedikasi, dan semangat bersama untuk mewujudkan visi dan misi dalam mendorong perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang sejalan dengan program Kemenparekraf,” kata Ketua Panitia Mamduh Jamaludin.(ra)