Awas! Ini 5 Efek Samping Pakai Lidah Buaya Berlebihan untuk Wajah

Ilustrasi Tanaman Lidah Buaya untuk Wajah (Foto: Gemapos/Orami)
Ilustrasi Tanaman Lidah Buaya untuk Wajah (Foto: Gemapos/Orami)

Gemapos.ID (Jakarta) - Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang memiliki daun berdaging tebal dari genus Aloe. Pada umumnya, tanaman tersebut digunakan untuk menyuburkan rambut, penyembuh luka, hingga perawatan kulit.

Tanaman lidah buaya juga sudah cukup lama digunakan untuk obat herbal. Daging tanaman lidah buaya juga sering digunakan oleh sebagian orang menjadi masker wajah untuk mengatasi permasalahan pada kulit, seperti iritasi akibat sinar matahari berlebih, jerawat, eksim, hingga psoriasis.

Tetapi, jika menggunakan lidah buaya secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping pada wajah. Karena, beberapa kandungan yang ada di dalam lidah buaya, seperti aloin, barbaloin, dan salicylic acid. Kandungan tersebut dapat mengakibatkan terjadinya alergi pada kulit jika digunakan secara berlebihan.

Dikutip dari artikel yang diterbitkan alodokter, berikut dibawah ini efek samping penggunaan lidah buaya secara berlebihan:

1. Gatal

Jika, muncul rasa gatal setelah menggunakan masker lidah buaya dikarenakan rasa tersebut merupakan reaksi alami yang terjadi saat senyawa aktif dari tanaman tersebut menyentuh ke kulit.

Tetapi, jika rasa gatal semakin parah, hal tersebut bisa menjadi tanda kalau kulit wajah cukup sensitive dengan kandungan yang ada di dalam lidah buaya dan sebaiknya anda berhenti menggunakan lidah buaya agar rasa gatal bisa cepat menghilang.

2. Kulit seperti Terbakar

Efek samping lidah buaya yang terasa panas hingga seperti rasa terbakar berarti kulih wajah anda berjenis sensitive. Jika, efek samping tersebut muncul setelah pemakaian gel atau lotion yang menggunakan bahan lidah buaya, segera dihentikan penggunaannya agar kondisi tersebut tidak semakin memburuk.

3. Iritasi Kulit

Lidah buaya mempunyai kandungan aloin dan barbaloin yang dapat mengakibatkan alergi berupa iritasi pada kulit sensitive. Jika, terjadi iritasi sesudah memakai masker lidah buaya, biasanya wajah anda akan muncul rasa gatal, perih, tampak bersisik, hingga berwarna kemerahan.

4. Kulit Sensitif terhadap Sinar Matahari

Menggunakan lidah buaya pada wajah juga dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi sensitive terhadap sinar matahari. Salah satu efek samping tersebut berasal dari kandungan aloin yang dapat mengakibatkan terjadinya fotosensitif.

5. Kulit Kering

Lidah buaya memang dikenal untuk melembabkan kulit. Namun, pemakaian masker lidah buaya terlalu sering membuat kulit menjadi kering. Karena, lidah buaya mengandung salicylic acid yang mampu mengangkat sel – sel kulit mati dan mampu menyerap minyak berlebihan pada wajah. (na)