Sandiaga Ajak UMKM Pontianak Optimalkan Medsos Untuk Pasarkan Produk

Menparekraf Sandiaga Uno menyapa para peserta Pengukuhan DPP UMKM dan Talkshow Pemberdayaan Pelaku UMKM Ekraf di Pendopo Gubernur Kalbar, Sabtu (18/11/2023). (foto: gemapos/ kemanparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno menyapa para peserta Pengukuhan DPP UMKM dan Talkshow Pemberdayaan Pelaku UMKM Ekraf di Pendopo Gubernur Kalbar, Sabtu (18/11/2023). (foto: gemapos/ kemanparekraf)

Gemapos.ID (Jakarta)- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif yang tergabung di dalam UMKM Mandiri Pontianak, Kalimantan Barat, memanfaatkan secara optimal platform media sosial untuk memasarkan produk sehingga ekonomi tumbuh dan lapangan kerja terbuka makin lebih luas.

Hal tersebut disampikan Menparekraf Sandiaga dalam Pengukuhan DPP UMKM Mandiri dan Talkshow Pemberdayaan Pelaku UMKM Ekraf di Pendopo Gubernur Kalbar, Sabtu (18/11).

Sandiaga mengatakan digital marketing melalui media sosial memberikan kemudahan dalam mengamplifikasi promosi dan pemasaran produk lokal di platform digital. Sehingga jangkauan pasar lebih luas, tidak hanya pasar domestik tapi juga global.

"Lebih dari 4,62 miliar penduduk dunia sudah menjadi pengguna media sosial. Karenanya setiap pelaku industri harus memahami dan memaksimalkan platform digital dalam berbisnis," ujarnya.

Sandiaga mengatakan Kemenparekraf akan terus hadir dengan memberikan pendekatan 3P yakni pelatihan, pemasaran, dan permodalan kepada para pelaku UMKM. Karena selain menghadirkan produk UMKM yang unggul dan berdaya saing serta menjadikan produk lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri, pelaku usaha perlu mengambil peluang untuk melakukan ekspor.

"Pendekatan 3P ini menjadi tugas dan fungsi dari pemerintah sendiri dan kita yakin dengan semangat dari para pelaku UMKM mandiri ini kita bisa menggerakkan ekonomi," katanya.

Pada kesempatan tersebut, didampingi Pj. Gubernur Kalimantan Barat Harrison, Menparekraf Sandiaga Uno turut mengukuhkan DPP UMKM Mandiri. 

Sebagai informasi, UMKM Mandiri adalah sebuah ekosistem yang menjadi penggerak ekonomi Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya. Dimana ada sekitar 30 ribu UMKM yang bergabung di UMKM Mandiri.

UMKM Generasi Z

Setelah itu, Menparekraf Sandiaga menghadiri kuliah umum dengan tema "Pengembangan UMKM Berbasis Ekraf" di Universitas Panca Bhakti, Pontianak (18/11/2023). Sandiaga juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa agar mengambil kesempatan untuk menciptakan usaha mandiri.

"Apalagi Pontianak ini adalah gerbang utama perekonomian di Kalimantan Barat," kata Menparekraf.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, generasi muda perlu didukung dan diberikan pendampingan yang tepat sasaran dan tepat manfaat agar potensi yang dimiliki dapat dimaksimalkan dengan baik. Sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di masa mendatang.

"Kemeparekraf siap berkolaborasi dengan Panca Bhakti untuk meningkatkan SDM parekraf untuk mewujudkan Indonesia Emas 2024," kata dia.

Sementara itu, turut mendampingi Menparekraf, Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf, Faisal dan Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono.(ra)