Sandiaga Uno: MotoGP Mandalika Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, menyebutkan ajang MotoGP 2022 yang digelar di Mandalika International Street Circuit ini harus menjadi kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta mendukung momentum pemulihan.

"MotoGP Mandalika 2022 harus memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi," kata Sandiaga Uno saat dikonfirmasi tim Media Center Indonesia (MCI) MotoGP Mandalika 2022, hari ini (19/3/2022).

Selain itu, ia juga mengatakan kehadiran dan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diharapkan dapat mendukung pemberdayaan pelaku usaha, khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.

"Kita harus pastikan MotoGP ini membawa optimisme kebangkitan, dan kita terus rawat momentum dari kepulihan ekonomi kita," katanya.

Menurutnya, pemerintah telah menjalankan berbagai program dalam memberdayakan UMKM lokal, dengan memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi, sehingga dapat memperkuat daya tarik bagi wisatawan.

"Kita harus dapat menghadirkan produk-produk berkualitas yang tentunya bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi kita," katanya.

Untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif, di tempat yang sama Kemenparekraf melalui Deputi Bidang Pemasaran juga mengadakan showcasing produk ekonomi kreatif melalui “Planogram Goes to Mandalika”.

Sehingga melalui planogram ini, wisatawan dapat membeli produk-produk ekonomi kreatif dengan melakukan pindai pada barcode yang tersedia di tiap produk.

"Terdapat 300 produk yang terdiri dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner dalam Planogram Goes to Mandalika," katanya.

Sementara itu, untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, Gresini Racing berkolaborasi dengan Kemenparekraf, sehingga logo Wonderful Indonesia terpasang pada bagian sayap depan dari motor milik pembalap Ducati Gresini Racing.(ant/ar)