Gempa Bumi M5,2 Guncang Bandung, BMKG : Tidak Berpotensi Tsunami

Peta Pusat Gempa di Barat Daya Kabupaten Bandung, Magnitudo 5,2 pukul 06.34 WIB, Sabtu (18/11/2023). (gemapos /BMKG)
Peta Pusat Gempa di Barat Daya Kabupaten Bandung, Magnitudo 5,2 pukul 06.34 WIB, Sabtu (18/11/2023). (gemapos /BMKG)

Gemapos.ID (Jakarta)- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa terjadi gempa bumi berkekuatan M5,2 di Barat Daya Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/11/2023) pagi, sekitar pukul 06.34 WIB.  

Menurut siaran informasi dari BMKG bahwa episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,86 Lintang Selatan dan 107,27 Bujur Timur yakni sekitar 97 km Barat Daya Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada kedalaman 21 km. 

Diketahui bahwa gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah dengan skala Intensitas MMI: 

Skala III MMI yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu. Skala ini dirasakan di daerah Garut, Sindangbarang, Ciamis, Pakenjeng, Bungbulang, dan Tasikmalaya. 

Skala II-III MMI yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa seakan-akan truk berlalu. Skala ini dirasakan di daerah Cianjur, Sukabumi, dan Kab. Bandung.

Skala II MMI yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala ini dirasakan di daerah Bandung. 

BMKG menghimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap gema bumi susulan yang mungkin saja terjadi.(kt)