Pabrik Pemintalan Kapas Terbakar, Petugas Kerahkan 12 Armada

Diskar PB Kota Bandung kerahkan 12 unit Armada untuk padamkan api di Pabrik Pemintalan Kapas, Rabu (15/11/2023). (gemapos/Antara)
Diskar PB Kota Bandung kerahkan 12 unit Armada untuk padamkan api di Pabrik Pemintalan Kapas, Rabu (15/11/2023). (gemapos/Antara)

Gemapos.ID (Jakarta)  Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mengerahkan 12 unit Armada guna mengatasi kebakaran di pabrik pemintalan kapas di Jalan Cipadung, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/11/2023).

Kepala Diskar PB Kota Bandung yakni Gun Gun Sumaryana mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan terkait kebakaran tersebut pada pukul 11.02 WIB. Pihaknya pun langsung terjun ke lokasi untuk melakukan serangkaian upaya pemadaman area yang terbakar agar api tidak semakin meluas.

“Kami menerima laporan bahwa ada kejadian kebakaran di tempat ini. Nampaknya api ini memang cukup besar,” kata Gun Gun.

Kondisi angin cukup kencang sehingga pihak Diskar PB Kota Bandung mengerahkan seluruh unit armada ke lokasi untuk mempercepat proses pemadaman karena khawatir kebakaran semakin meluas.

“Angin cukup kencang, khawatir bisa merambat kemana-mana, jadi kita kerahkan seluruh yang ada dan sedang bersiaga hari ini,” lanjutnya.

Selain itu petugas pemadam kebakaran juga berupaya untuk melakukan penyekatan agar api tidak merembet ke bangunan lain, termasuk POM bensin yang letaknya dekat dengan pabrik.

“Sampai sejauh ini saya belum mendengar ada korban meninggal dunia, mudah-mudahan tidak. Kita lakukan penyekatan, minimal tidak merambat ke bangunan yang lain,” ujarnya kembali.

Terkait penyebab terjadinya kebakaran, petugas akan melakukan penyelidikan setelah api berhasil dipadamkan dan melakukan pendinginan.

“Penyebab dan hal-hal lain yang cukup krusial mungkin setelah proses pemadaman, betul-betul titik api sudah tidak ada. Pasti harus komukasi dengan jajaran para penegak hokum untuk mengecek apa penyebab yang sebenarnya,” kata Gun Gun. (kt)