Bicara Geopolitik, Ganjar: Dunia Sedang Tidak Baik-baik Saja

Tangkapan Layar -  Calon Presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo saat memberikan materi pembekalan dalam acara Rakernas LDII, yang disiarkan di YouTube LDII TV, Rabu (8/11/2023).(gemapos/ldiitv)
Tangkapan Layar - Calon Presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo saat memberikan materi pembekalan dalam acara Rakernas LDII, yang disiarkan di YouTube LDII TV, Rabu (8/11/2023).(gemapos/ldiitv)

Gemapos.ID (Jakarta) - Bakal Calon Presiden dari partai Demokrasi Indonesia perjuangan (PDIP) menyampaikan salah satu visi dan program Indonesia Unggul dalam bidang pertahanan. Dihadapan peserta Rakernas LDII, Ganjar menyebut bahwa Dunia sedang tidak baik-baik saja.

"Hari ini saya katakan, dunia sedang tidak baik-baik saja," kata Ganjar dilansir dari tayangan youtub LDII TV, Rabu (8/11/2023)

mantan gubernur Jawa Tengah tersebut kemudian melanjutkan dengan menyebut terjadi kemuduran demokrasi di dunia dengan  masih adanya negara yang mendominasi negara lain yang cenderung dianggap lemah.

"Demokrasi mundur, dominsai negara kuat kepada yang kurang kuat terjadi, perang terjadi," papar Ganjar.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar juga menyinggung tentang situasi konflik yang terjadi antara Palestina dengan Israel yang memicu berbagai protes dari berbagai negara di dunia, dan mengungkap bahwa dunia sedang bersedih atas kejadian tersebut. 

Politisi PDIP tersebut juga menyampaiakan jawabannya ketika ditanya oleh pakar saat menjalani tes di CSIS tentang kondisi dunia dan solusi yang ditawarkannya.

"Saya ditanya, kira-kira kalau pak Ganjar gimana (politik luar negerinya)? Ya, kita harus berhubungan dengan banyak negara yang sama-sama bisa saling menguntungkan dan tidak saling menindas. ini menurut saya penting," jelas ganjar yang kemudian mendapat tepuk tangan para hadirin.

Ganjar kemudian meresposn tepuk tangan tersebut sembari berkelakar menyinggung dirinya yang tidak beri hadiah sepeda.

"Dari tadi kok tepuk tangan terus, saya tidak akan ngasi sepeda lo ini," kelakarnya. (ns)