Kecil-kecil Mematikan! Berikut 7 Serangga Paling Berbahaya Bagi Manusia

Triatoma termasuk  serangga berbahaya yang dapat menyebabkan kematian bagi manusia. (foto : gemapos/Wikipedia)
Triatoma termasuk serangga berbahaya yang dapat menyebabkan kematian bagi manusia. (foto : gemapos/Wikipedia)

Gemapos.ID (Jakarta) – Dari sekian banyak hewan di dunia, Nyamuk menjadi hewan paling mematikan di dunia. Serangga kecil ini adalah penghisap darah yang bisa membuhun ratusan jiwa.

Dikutip dari Live Science, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengungkap bahwa nyamuk diperkirakan membunuh 500 ribu hingga lebih dari satu juta jiwa per tahun. Alasan utamanya karena nyamuk menjadi sumber dari penyakit, seperti malaria.

Namun selain Nyamuk, ada juga serangga lain yang kecil-kecil mematikan dan berbahaya bagi manusia bahkan mengakibatkan kematian. Berikut adalah jenis-jenisnya;  

1. Lalat Bot (Dermatobia Hominis)

Tidak hanya berbahaya bagi manusia, mamalia lain pun juga direpotkan dengan adanya makhluk mungil ini, Disebut sebagai hewan mematikan karena saat lalat ini menyengat, hewan ini juga menyuntikkan larva kedalam tubuh mangsanya. Jika tidak terdeteksi, maka larva tersebut akan tumbuh selama 60 hari di tubuh mangsanya dan menyerap semua nutrisi yang ada di dalam tubuh mangsanya.

2. Semut Peluru (Paraponera Clavata)

Bukan jenis semut mematikan, namun semut ini termasuk semut yang mempunyai gigitan yang paling mematikan. Gigitan dari semut ini setara dengan tembakan pistol caliber 45 dan rasa sakitnya tidak akan hilang selama 24 jam. 

Indera penciuman dari semut ini juga sangat sensitive, sehingga saat ada hewan lain yang ingin mengganggu sarangnya, semut ini akan langsung menyerang dan menggigitnya.  

3. Kutu Caplak

Bukan kutu biasa, kutu ini mempunyai gigitan yang mematikan. Gigitan kutu ini dapat menyebabkan kematian dalam 1 hari bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Kutu ini berasal dari Australia, memiliki semacam racun yang akan membuat korbannya sesak nafas.  

4. Kutu Rambut

Siapa yang tidak mengenal hewan satu ini. Bagi manusia, kutu ini menyebarkan parasit, mampu menghisap darah bahkan 15 kali dari berat tubuhnya, sangat mengganggu karena bekas gigitannya akan mmebuat kepala gatal. Hewan satu ini sangat mudah dan cepat untuk berpindah tempat. Jika kamu berada dekat dengan orang yang memiliki kutu rambut, kemungkinan besar kamu juga akan tertular.  

5. Triatoma

Hewan ini adalah hewan nocturnal yang biasanya menghisap darah manusia saat manusia tersebut tidur. Setelah itu, hewan ini akan langsung membuang kotorannya. Kotoran dari hewan ini mengandung bakteri T. Cruzi dan akan masuk lewat mata, kulit, mulut dan bekas luka. Setelah masuk dalam tubuh, parasit akan berkembang niak dan menyebar.

Bakteri ini dapat menyebabkan pompaan jantung tidak beraturab dan membuat kesulitan menelan akibat kerongkongan yang membengkak. 

6. Lalat Tsetse

Lalat ini mempunyai habitat di wilayah Afrika Tengah. Gigitan dari lalat ini langsung  menyerang saraf dan mengakibatkan rasa lemas dan mudah tertidur, sehingga penyakit ini sering disebut penyakit tidur.

7. Lebah Raksasa Jepang

Lebah ini berasal dari jepang, memiliki sejenis racun yang mampu membuat area yang terkena terasa sangat panas dan jika mengenai manusia bisa mengakibatkan gagal ginjal. Bahkan di negara asalnya, hewan ini dapat membunuh 30-40 orang pertahunnya.

Itulah serangga-seranggayang berbahaya bagi manusia, terlihat kecil namun sangat mematikan. (kt)