PLN Kotamobagu Lakukan Aksi Donor Darah Untuk Wujudkan Kepedulian Sesama

Karyawan PLN Kotamobagu melakukan aksi donor darah di Kotamogabu, Selasa (24/10/2023). (foto: gemapos/ antara)
Karyawan PLN Kotamobagu melakukan aksi donor darah di Kotamogabu, Selasa (24/10/2023). (foto: gemapos/ antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kotamobagu, Sulawesi Utara melakukan aksi donor darah sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan darah di daerah tersebut.

"Kali ini PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kotamobagu, Sulawesi Utara, berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Bolaang Mongondow menyelenggarakan kegiatan donor darah," kata Manager PLN UP3 Kotamobagu Anjar Widyatama di Kotamobagu, Selasa.

Kegiatan itu melibatkan pegawai dan tenaga alih daya (TAD) di lingkungan PLN UP3 Kotamobagu. Aksi ini bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Listrik Nasional (HLN) Ke-78 Tahun 2023 yang akan puncaknya dirayakan pada Jumat (27/10).

Ia mengatakan kegiatan donor darah wujud kepedulian terhadap sesama yang sudah menjadi budaya di lingkungan kerja PLN UP3 Kotamobagu. 

“Pegawai PLN UP3 Kotamobagu selalu terdorong untuk turut andil dalam setiap kegiatan kemanusiaan, salah satunya pada penyelenggaraan donor darah,” ujar dia.

Kurang lebih tercatat puluhan pendonor yang terdiri atas pegawai dan TAD berpartisipasi dalam kegiatan itu. 

“Semoga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat bagi sesama, terutama yang membutuhkan darah,” kata Anjar.

Hasil kegiatan donor darah tersebut berupa puluhan kantong darah yang nantinya diperiksa terlebih dahulu dan akan disimpan di bank darah. 

Kegiatan donor darah tidak hanya merupakan aksi kepedulian terhadap sesama tetapi juga memberikan manfaat bagi pendonor, di antaranya pendonor dapat melakukan deteksi dini penyakit serius dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung serta pembuluh darah.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) Ari Dartomo mengatakan seluruh insan PLN tidak hanya berfokus penyediaan layanan kelistrikan yang andal, namun juga sensitif pada isu kemanusiaan dan tanggung jawab sosial. 

“Insan PLN senantiasa didorong penuh untuk mengambil bagian dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan sehingga dapat memberi dampak nyata PLN bagi masyarakat,” katanya.

Penanggung Jawab Teknis Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Bolaang Mongondow Wawan Pomalato mengapresiasi kegiatan donor darah diinisiasi PLN UP3 Kotamobagu.

“Kami mengapresiasi penuh inisiasi PLN Kotamobagu untuk melaksanakan kegiatan ini, karena hasil dari donor darah ini tentunya sangat berharga bagi sesama kita yang membutuhkan,” katanya.

PT PLN, perusahaan bidang kelistrikan di bawah BUMN, memperingati HLN Ke-78 Tahun 2023 setiap 27 Oktober. Berbagai transformasi telah terjadi di tubuh PLN untuk meningkatkan pelayanan bagi seluruh masyarakat, salah satunya peningkatan terus-menerus aplikasi PLN Mobile yang merupakan aplikasi "one stop service" seluruh layanan PLN. Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh secara gratis di Play Store dan App Store.(pa)