Dibuka Lowongan Pegawai PLN Khusus Orang Asli Papua

Petugas PLN Papua saat melayani masyarakat di Kota Jayapura. (ant)
Petugas PLN Papua saat melayani masyarakat di Kota Jayapura. (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - PT PLN (Persero) membuka lowongan pegawai khusus bagi putra dan putri asli Bumi Cenderawasih (Orang Asli Papua/OAP) di wilayah Papua dan Papua Barat dengan rekrutmennya sudah dibuka sejak 22 Mei 2023 hingga 2 Juni 2023.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono, di Jayapura, Jumat (26/5/2023), mengatakan pembukaan tersebut dilakukan secara online sehingga bisa langsung diakses pada website resmi PLN.
 
"Kami membuka untuk tujuh posisi bagi para pelamar lulusan S1, mulai dari sisi pembangkitan, transmisi, distribusi, niaga hingga akuntansi," katanya.
 
Menurut Budiono, adanya rekrutmen ini membuka kesempatan bagi putra putri daerah terbaik untuk bergabung melayani masyarakat dalam penerangan khususnya di Tanah Papua.
 
"Walaupun proses pendaftaran seluruhnya dilakukan pelamar secara online melalui website PLN, namun masyarakat juga dapat datang langsung ke kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) terdekat apabila menemukan kendala dalam mendaftar," ujarnya lagi.
 
Dia menjelaskan setelah mendaftar melalui https://rekrutmen.pln.co.id/, para pelamar nantinya akan mengikuti berbagai tahapan-tahapan penerimaan yang dimulai dengan pemberkasan, tes tulis, tes kesehatan dan lain sebagainya. Namun sebelum mendaftar, pelamar juga perlu memastikan memenuhi persyaratan administrasi yang tertera pada website.
 
"Penerimaan pegawai ini tidak dipungut biaya sama sekali, sehingga masyarakat jangan sampai tertipu jika ada oknum yang menjanjikan akan langsung diterima," katanya pula.
 
Pihaknya tidak melakukan korespondensi terkait rekrutmen dan tidak memungut biaya apa pun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan PLN. Selain itu, tidak ada sistem penggantian biaya transportasi dan akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi.

"Maka dari itu kami mengimbau kepada para pelamar kerja untuk berhati-hati terhadap maraknya penipuan terkait rekrutmen karyawan yang mengatasnamakan PLN," ujarnya lagi. (ft)