7 Macam Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

Ilustrasi Makanan Mengandung Kolagen (Foto: Gemapos/Aladinmall)
Ilustrasi Makanan Mengandung Kolagen (Foto: Gemapos/Aladinmall)

Gemapos.ID (Jakarta) – Makanan yang mengandung kolagen mudah ditemukan dalam makanan sehari – hari. Kolagen merupakan protein yang ada di dalam kulit, tulang, otot, tendon, dan ligament. Jika mengkonsumsinya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah kerutan pada kulit dan pengeroposan tulang. 

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen penting untuk berbagai macam fungsi tubuh, seperti menjaga kesehatan kulit, meredakan nyeri sendi, meningkatkan massa otot, mencegah pengeroposan tulang, dan memelihara kesehatan jantung.

Dalam artikel yang dilansir alodokter, berikut dibawah ini beberapa pilihan makanan yang mengandung kolagen tinggi:

1. Kaldu Tulang

Salah satu makanan yang mengandung kolagen tinggi, yaitu kaldu tulang. Karena tulang memiliki kadungan jaringan ikat ketika saat direbus tulang dapat mengahasilkan kolagen dan nutrisi lainnya, seperti asam amino, magnesium, dan fosfor.

2. Ayam

Jika mengkonsumsi ayam produksi kolagen dapat meningkat. Bagian daging ayam yang mengandung kolagen tinggi, yaitu kaki atau biasa disebut ceker, leher, dan tulang rawan.

3. Ikan

Mengkonsumsi ikan beserta kulitnya dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh. Ikan mengandung prolin dan kulitnya mengandung glisin. Kedua kandungan tersebut dapat menghasilkan kolagen.

Selain menghasilkan kolagen, ikan juga tinggi kandungan omega 3 dan vitamin D sehingga jika dikonsumsi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

4. Brokoli

Mengkonsumsi brokoli dapat meningkatkan produksi kolagen pada tubuh dan mengandung vitamin c tinggi. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane atau senyawa yang kaya kandungan sulfur dan bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen.

5. Telur

Makanan yang mengandung kolagen tinggi selanjutnya, yaitu telur. Bagian putih telur terdapat kandungan prolin atau salah satu jenis asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

Bagian kuning telur mengandung protein dan kolin yang bisa diubah oleh tubuh menjadi glisin. Glisin adalah asam amino yang diperlukan untuk mejalankan bermacam - macam fungsi tubuh, termasuk memproduksi kolagen.

6. Kacang Polong

Kacang polong termasuk yang mengandung protein tinggi dan asam amino yang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi kolagen. Selain itu, kacang polong juga mengandung tembaga dan zinc yang diperlukan oleh tubuh agar menghasilkan kolagen.

7. Wortel

Vitamin A juga menjadi salah satu vitamin yang diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen, maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengantung vitamin A, seperti wortel. Selain wortel, masi banyak juga makanan yang mengandung kolagen, seperti bayam, paprika, kacang mete, tomat, mangga, nanas, dan anggur merah.

Perlu diingat juga, jangan hanya berfokus dengan makanan yang mengandung kolagen saja, karena tubuh juga perlu mendapatkan asupan makanan bernutrisi lainnya agar kesehatan tetap terjaga. (na)