Cara Mudah Hilangkan Bau Badan, Tak Perlu ke Dokter

Ilustrasi - Mengusir bau badan. (foto:gemapos/Alodokter)
Ilustrasi - Mengusir bau badan. (foto:gemapos/Alodokter)

Gemapos.ID (Jakarta) - Bau badan bisa saja menghilangkan percaya diri dan orang – orang tidak mau berada di dekat orang yang memiliki bau badan. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bau badan yang bisa anda lakukan dirumah, mulai dari mengubah pola hidup hingga menggunakan bahan – bahan yang alami.

Keringat juga sebenarnya tidak berbau. Bau badan disebabkan karena terjadinya bakteri di kulit berkembang biak dan memecah protein dalam keringat menjadi asam. Selain karena bakteri di kulit, munculnya bau badan juga disebabkan oleh perubahan hormon androgen di dalam tubuh. Itulah salah satu alasan remaja yang sedang di masa pubertas sering mengalami bau badan.

Menurut Alodokter, berikut beberapa cara menghilangkan bau badan yang dapat dilakukan dirumah:

1. Mandi Secara Teratur

Cara paling sederhana untuk menghilangkan bau badan adalah mandi secara teratur sebanyak 1 sampai 2 kali sehari. Ketika setelah berolahraga maupun melakukan aktivitas yang menyebabkan keluar banyak keringat, pastikan area yang yang berkeringkat dibasuh dengan bersih dan menyeluruh.

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Menggunakan sabun antibakteri saat mandi juga dapat membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau badan. Namun, tidak dianjurkan menggunakan sabun antibakteri jika memiliki alergi atau iritasi terhadap kandungan dalam produk tersebut.

3. Keringkan Badan dengan Benar

Setelah mandi, pastikan mengeringkan badan dengan benar, terutama pada area tubuh yang banyak menghasilkan keringan, seperti ketiak. Dengan cara seperti itu, bakteri penyebab bau badan akan sulit untuk berkembang biak.

4. Pakai Pakaian yang Bersih dan Dapat Menyerap Keringkat

Pastikan pakai pakaian yang bersih dan sesuai dengan aktivitas yang ingin dilakukan. Untuk mengurangi keringkat berlebih, gunakan pakaian berbahan katun yang dapat menyerap keringkat. Pakaian berbahan katun tidak membuat tubuh merasa gerah.

5. Perhatikan Asupan Makanan

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan keringat berlebih banyak dan menyebabkan bau badan. Seperti makanan pedas, berlemak dan mengandung bahan berbabu tajam, seperti bawang.

6. Lakukan Teknik Relasi

Lakukan relaksi secara rutin, seperti yoga dan meditasi. Teknik relasi tersebut dinilai dapat membantu mengontrol stress yang dapat merangsang produksi keringat berlebih pemicu bau badan.

7. Gunakan Deodoran

Untuk mengatasi bau ketiak, anda dapat menggunakan deodorant, antiperspirant atau produk yang mengandung kombinasi dari keduanya.

Deodorant biasanya mengandung alcohol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Kalau dengan antiperspirant, mengandung senyawa alumunium klorida dan asam salisilat yang dapat mengurangi produksi keringkat berlebih. (na)