Mengenal Bunga Kecombrang: Aroma Segar dan Manfaatnya

Ilustrasi- Bunga Kecombrang (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi- Bunga Kecombrang (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta) - Bunga kecombrang (Etlingera elatior) adalah tanaman yang terkenal dengan bunganya yang cantik, aroma segar yang khas, serta manfaatnya dalam dunia kuliner dan kesehatan. Bunga ini juga dikenal dengan sebutan bunga kantan, bunga honje, atau torch ginger flower.

Mari kita mengenal lebih jauh tentang bunga kecombrang, termasuk karakteristiknya, penggunaan dalam masakan, dan manfaat kesehatannya.

Karakteristik Bunga Kecombrang

  • Bentuk dan Warna: Bunga kecombrang memiliki bentuk yang unik dan besar, terdiri dari kelopak berwarna merah jambu hingga merah tua, dengan ujung yang terbuka menyerupai lilin. Ada juga varietas bunga kecombrang dengan warna kuning atau oranye. Tangkai bunga yang panjang membuatnya tampak mencolok dan menarik.

  • Aroma: Salah satu ciri khas bunga kecombrang adalah aroma segar yang harum. Bau bunga ini mirip dengan jahe dan memiliki sentuhan pedas yang lembut.

  • Habitat: Tanaman kecombrang tumbuh subur di daerah tropis, terutama di Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Mereka biasanya ditemukan di hutan-hutan lebat atau tumbuh liar di tepi sungai.

Penggunaan dalam Masakan

Bunga kecombrang telah lama digunakan dalam masakan tradisional di berbagai negara Asia Tenggara. Bagian yang paling umum digunakan adalah kelopak bunganya yang segar. Berikut adalah beberapa cara penggunaan bunga kecombrang dalam masakan:

1. Pelengkap Masakan

Potongan bunga kecombrang sering digunakan sebagai hiasan atau pelengkap dalam hidangan, seperti sup, tumisan, atau hidangan ikan. Mereka menambahkan warna cerah dan aroma segar pada masakan.

2. Acar Kecombrang

Bunga kecombrang bisa diolah menjadi acar dengan cara direbus dan dicampur dengan bumbu seperti cabai, bawang putih, cuka, dan gula. Acar kecombrang ini cocok disajikan sebagai pelengkap hidangan utama.

3. Sambal Kecombrang

Bunga kecombrang juga dapat dijadikan bahan dasar sambal. Campuran sambal kecombrang dengan potongan bawang merah, cabai rawit, gula, dan garam menghasilkan saus pedas yang segar dan beraroma.

4. Minuman Segar

Kecombrang juga bisa ditambahkan ke dalam minuman untuk memberikan aroma segar. Misalnya, irisan kecombrang dapat dimasukkan ke dalam teh hangat atau es untuk memberikan sentuhan unik pada minuman.

Manfaat Kesehatan Bunga Kecombrang

Selain sebagai bahan masakan yang enak, bunga kecombrang juga memiliki beberapa manfaat kesehatan potensial:

  • Anti-inflamasi: Senyawa-senyawa dalam bunga kecombrang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

  • Antioksidan: Kecombrang mengandung antioksidan seperti flavonoid dan fenolik yang baik untuk melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan sel tubuh.

  • Pencernaan: Aroma pedas dari kecombrang juga dapat merangsang pencernaan dan membantu mengurangi masalah pencernaan seperti kembung.

  • Sumber Vitamin: Bunga kecombrang juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, yang penting untuk kesehatan tubuh dan sistem kekebalan.

Dengan aroma segar dan manfaat kesehatannya, bunga kecombrang menambah kelezatan dan nilai gizi pada hidangan. Maka tidak heran jika bunga ini menjadi favorit dalam masakan tradisional di berbagai daerah tropis. Jika Anda belum mencoba, jangan ragu untuk menikmati keunikan dan kelezatan bunga kecombrang dalam hidangan favorit Anda!(ap)