Patut Dicoba, 6 Cara Efektif Bantu Atasi Nyeri di Perut Akibat Haid

Ilustrasi Wanita Sakit Perut saat sedang Haid. (Foto: Gemapos/Prenagen)
Ilustrasi Wanita Sakit Perut saat sedang Haid. (Foto: Gemapos/Prenagen)

Gemapos.ID (Jakarta) - Awal siklus menstruasi terjadi rasa nyeri seperti kontraksi dibagian punggung dan perut bagian bawah merupakan gejala yang wajar dan umum dialami oleh wanita selama menstruasi berlangsung. Hal tersebut terjadi karena rahim sedang berkontraksi untuk melepaskan dinding rahim dari tubuh, sehingga dapat aliran darah keluar dari mis V.

Sakit perut akibat haid ada beragam tingkat keparahannya. Ada sebagian wanita yang hanya mengalami sakit perut ringan, tetapi ada beberapa wanita juga yang mengalami sakit perut yang sangat menyakitkan baginya, hingga mereka tidak bisa melakukan aktivitas.

Menurut artikel yang dilansir dalam halodoc, berikut dibawah ini cara efektif untuk meredakan sakit perut haid yang patut dicoba:

1. Menerapkan Kompres Hangat

Menempelkan sesuatu yang hangat ke bagian perut salah satau cara efektif untuk meredakan sakit perut saat haid. Menurut sebuah tinjauan studi tahun 2018, cara tersebut sama dengan efektifnya ketika mengkonsumsi obat penyeri haid.

2. Pijat dengan Minyak Esensial

Cara efektif berikutnya adalah dengan cara memijat perut. Pijatan dilakukan pada penekanan – penekanan pada titik tertentu diperut yang sakit dan sekitarnya bisa membantu mengurangi rasa sakit tersebut. Lakukan cara tersebut menggunakan minyak esensial seperti lavender, peppermint, agar mendapatkan manfaat tambahan.

3. Makan Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi juga dapat membantu meredakan sakit perut haid yang efektif. Dikarenakan, vitamin dan mineral yang ada di dalam makanan bergizi dipercayai bisa membantu mengurangi kram.

Vitamin B1 atau bisa disebut juga dengan thiamine dan magnesium dapat membantu mengurangi sakit perut saat haid. Vitamin dan mineral bisa dikonsumsi dengan makanan sehat seperti bayam, alpukat, kacang – kacangan, dan biji – bijian.

4. Mengkonsumsi Herbal

Cara meredakan sakit perut saat haid selanjutnya adalah dengan cara mengkonsumsi minum – minuman herbal seperti teh chamomile atau air rebusan jahe. Kayu manis dan biji adas juga tanaman herbal yang dapat membantu mengatasi nyeri haid. Karena, beberapa tanaman herbal tersebut mengandung senyawa antiinflamasi dan antispasmodic.

5. Berolahraga

Berolahraga adalah cara alami untuk meredakan nyeri haid. Karena, aktivitas tersebut memicu pelepasan endorfin atau bahan kimia yang diproduksi pada tubuh untuk membantu menghalangi persepsi rasa sakit yang dialami.

6. Minum Obat Pereda Nyeri

Kalau cara – cara diatas tidak dapat membantu mengatasi nyeri akibat haid, minumlah obat pereda nyeri, seperti obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) merupakan obat yang efektif untuk membantu meredakan sakit perut haid. Contoh obat NSAID yaitu ibuprofen dan naproxen. (na)