Jakarta Selatan Siaga Banjir Awal Tahun

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menggelar apel kesiapsiagaan banjir di Lapangan Waduk Rawa Minyak, Pasar Minggu, Jumat (12/1/2024).

Apel yang diikuti sebanyak 150 peserta itu dipimpin oleh Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin dalam rangka mengantisipasi penanganan genangan ataupun banjir di wilayahnya pada musim penghujan awal tahun.

 

"Hari ini saya fokus mengarahkan kepada unsur teknis di lapangan dalam penanganan genangan dan banjir," ujarnya, Jumat (12/1/2024). 

 

Maat ini, menurut Muhajirin wilayah DKI Jakarta sedang menghadapi musim penghujan yang diprakirakan mencapai puncaknya pada bulan Februari hingga Maret 2024.

 

Sebagai upaya antisipatif, Pemerintah Kota Jaksel melalui Suku Dinas Sumber Daya air serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya telah melakukan pengerukan saluran mikro dan makro hingga meyiapkan peralatan atau unit pengendali banjir

 

"Tidak kalah penting, kami juga mengajak dan melibatkan masyarakat untuk melakukan kerja bakti, gotong royong membersihkan lingkungan," terangnya.

 

Dalam musing penghujan yang diperkirakan puncaknya pada Februari-Maret itu, Ia meminta kepada seluruh petugas penjaga pintu air dan pompa, serta petugas UPS Badan Air untuk melakukan kerja di lapangan dengan baik dan cermat.

 

"Saya yakin, dengan sinergisitas aktif dari seluruh pihak, banjir dapat segera tertanggulangi. Mari bersama-sama kita bekerja secara maksimal dan ikhlas untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Jakarta Selatan," tandasnya. 

 

Dalam kesempatan tersebut, Munjirin juga mengecek langsung sejumlah unit alat pengendali banjir, seperti pompa portabel, perahu karet, truk, dan ekskavator. (pu)