Kamu Harus Tahu! Gaya Hidup Hedonisme: Arti, Perilaku dan Dampak Buruknya

Ilustrasi Wanita Berbelanja (Foto: Gemapos/Lifepal)
Ilustrasi Wanita Berbelanja (Foto: Gemapos/Lifepal)

Gemapos.ID (Jakarta)- Hedon adalah istilah bahasa gaul, ajaran atau konsep hidup yang menekankan untuk mencari kesenangan dan kenikmatan yang menjadi tujuan utama dalam hidup seseorang. 

Hedon adalah yang membuat seseorang menjadi boros, karena suka bersenang – senang atau berfoya – foya secara berlebihan. Perlakuan tersebut tidak boleh dibiasakan dan harus dihindari oleh setiap orang.

Contoh Perilaku Hedonisme

Salah satu contoh dari perilaku tersebut biasanya suka membeli barang – barang yang tidak dibutuhkan. Selain itu, masih banyak contoh perilaku yang menggambarkan kata hedonisme seperti dibawah ini:

Dampak Buruk Perilaku Hedonisme

  • Hedonisme dapat memberikan kepuasan jangka pendek, perilaku hedonisme yang berlebihan juga mengakibatkan dampak buruk, seperti dibawah ini:
  • Masalah keuangan, cenderung sering mengeluarkan uang untuk yang tidak diperlukan hingga dapat mengakibatkan hutang dimana – mana dan berlebihan.
  • Masalah kesehatan, seperti sering menghabiskan aktivitas yang tidak sehat, alcohol, atau obat – obatan. 
  • Kehilangan nilai moral, individu akan mengabaikan nilai moral dan etika dalam pengambilan keputusan yang tepat, jika memang kenikmatan menjadi satu – satunya tujuan hidup.

Biasanya perilaku hedon tersebut dilakukan oleh orang-orang untuk menghindari perasaan yang menyakitkan hingga menjadikan kesenangan yang maksimal. (nd)