4 Tips Hindari Rasa Malas, Kaum Mager Harus Tahu

Ilustrasi Rasa Malas. (gemapos/pixabay)
Ilustrasi Rasa Malas. (gemapos/pixabay)

Gemapos.ID (Jakarta) - Rebahan menjadi sebuah istilah generasi milenial yang seringkali muncul di media sosial. Rebahan diasumsikan sebagai pola perilaku bemalas-malasan di tempat tidur. Bagi yang hobi rebahan dianggap sebagai perwujudan rasa malas yang dipengaruhi oleh suasana hati yang buruk, kelelahan atau kurangnya motivasi. Rasa malas sering menimbulkan dampak negative pada kehidupan seperti menghambat pertumbuhan, perkembangan seseorang, dan lainnya.

Rasa malas merupakan sesuatu yang muncul secara alami pada setiap orang. Kondisi tersebut akan berdampak pada setiap aktivitas yang kita lakukan. Khusunya untuk mereka yang dituntut mengerjakan sesuatu yang sama atau monoton serta dikejar target. Bagi teman - teman yang sedang dikejar target tapi sedang malas, ada beberapa tips yang bisa membantu mengurangidan bahkan mnghilangkan rasa malas yang mengganggu.

Menurut halodoc, dr. Fadhli Rizal Makarim menyebutkan beberapa tips untuk dapat terhindar dari rasa malas serta dampak negatifnya:

1. Cari Tahu Penyebabnya

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab dari masalah ini, seperti kelelahan atau kehilangan motivasi dan bahkan beberapa hal yang telah disebutkan. Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa tahu solusi yang tepat untuk melakukan produktif kembali.

2. Buat Daftar dan Target yang Ingin dicapai

Agar tidak malas dan kelelahan, coba untuk membuat daftar aktivitas yang bermanfaat untuk dilakukan sehari – hari sampai seterusnya. Tentukan target waktu penyelesaian untuk setiap aktivitas, sehingga terdapat motivasi yang jelas untuk bergerak.

3. Jangan di Tunda -Tunda

Perasaan ingin menunda – nunda sesuatu juga harus dihindari. Jika diteruskan menunda – nunda hingga hari – hari berikutnya membuat pekerjaan menjadi bertumpuk dan menimbulkan kembali rasa malas.

4. Olahraga

Lakukan olahraga yang ringan. Selain perasaan lelah dan ngantuk hilang, anda juga merasa lebih segar dan pikiran lebih terbuka dibanding sebelumnya. olahraga sendiri menjadi suatu cara untuk melatih otot terbiasa bergerak. sehingga ketika sudah terlatih, maka tubuh akan lebih ringan dalam mengerjakan sesuatu. 

Nah, berikut diatas beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa malas. Jangan sampai rasa malas menjadi kebiasaan yang akhirnya dan menurunkan produktivitas sehari - hari kita. (na)