BMKG: Waspadai Hujan Lebat yang Dapat Menyebabkan Banjir di Sumut

foto: gemapos/BMKG
foto: gemapos/BMKG


Gemapos.ID (Jakarta) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Budi Prasetyo, Selasa, mengatakan dalam dua hari ke depan, hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah kepulauan Nias, pegunungan, Pantai Barat, Lereng Barat, dan Lereng Timur Sumatera Utara.

"Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau untuk waspada, karena hujan dengan intensitas lebat tersebut berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kepulauan Nias, Langkat, dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di daerah Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Samosir, Simalungun, Toba, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga Lebat di wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Asahan, Tanjung Balai, Labuhan Batu, Labuhan Batu selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Batubara, serdang Bedagai, Deli Serdang, Langkat, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 17.0 – 31.0 derajat Celcius, kelembapan udara 75 – 95 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.(da)