Dokter Sebut 5 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan saat Polusi Udara

Olahraga Sepeda (foto: gemapos/istock)
Olahraga Sepeda (foto: gemapos/istock)


Gemapos.ID (Jakarta) Selain mengatur waktu olahraga, memilih jenis aktivitas olahraga di tengah polusi udara yang semakin buruk penting dilakukan. Sebab, seburuk apapun kualitas udara saat ini olahraga tetap penting dilakukan.

Dokter spesialis olahraga di Eka Hospital BSD, Maria Lestari mengatakan tubuh tetap harus dibuat bergerak agar tetap bugar dan imunitas terjaga dengan baik. Karena itu, jangan sampai menggunakan alasan polusi untuk berhenti berolahraga.

"Tidak boleh tidak berolahraga. Karena banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan tanpa harus melawan polusi di luar ruangan," kata Maria.

Menurut Maria, ada tingkat olahraga atau aktivitas fisik yang memang cocok untuk semua orang. Baik untuk mereka yang memiliki masalah atau penyakit paru-paru maupun yang sehat tanpa penyakit apapun.

Pasalnya kata Maria, hampir semua jenis olahraga memang bisa dilakukan di tengah polusi udara. Hal yang terpenting adalah mengatur waktu dan selalu melakukan pengecekan kualitas udara atau AQI.

"Asalkan sehat dan tidak membuat sesak napas olahraga jenis apapun boleh dilakukan," kata dia.

Meski demikian, Maria menyarankan beberapa jenis olahraga yang menurutnya sangat aman dilakukan saat polusi udara. Berikut jenis olahraganya:

1. Jalan kaki

Jalan kaki menjadi pilihan olahraga yang mudah dilakukan. Semua orang bisa melakukannya. Anda bisa berolahraga jalan kaki di pagi hari di area sekitar rumah.

Agar terhindar dari polusi, Anda bisa menggunakan masker untuk melindungi area pernapasan dan baju panjang untuk melindungi kulit.

"Bisa juga jalan santai di rumah, menggunakan treadmill jika memang ada. Kalau tidak ada keliling rumah dalam waktu 30 menit juga boleh," katanya.

2. Bersepeda

Kegiatan ini bisa membakar kalori dengan cepat. Bersepeda saat polusi mungkin cukup riskan dilakukan. Tapi tidak ada salahnya dilakukan sesekali, tentu dengan perlindungan yang ketat.

3. Berenang

Olahraga renang sangat dianjurkan saat polusi menyerang. Berenang membuat tubuh lebih bugar, sehat, dan tentunya lebih segar karena semua aktivitas hampir sepenuhnya dilakukan di dalam air.

4. Latihan kekuatan

Latihan kekuatan, misal muay thai, boxer, dan lain sebagainya baik juga untuk melatih kekuatan tubuh sekaligus berolahraga.

Jenis olahraga ini juga bisa dilakukan di dalam ruangan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan polusi udara.

5. Angkat beban

Olahraga ini cocok dilakukan di saat polusi. Alasannya, hampir semua gerakan dilakukan di gym atau di dalam rumah.

Itulah 5 ide olahraga yang aman dilakukan saat polusi udara tengah melanda. Semoga membantu.(da)