Polisi Blusukan ke SMA Tanamkan Cinta Tanah Air

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat menyampaikan wawasan kebangsaan di SMA Negeri 1 Jepara, Jumat (25/8/2023). (foto:gemapos/antara)
Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat menyampaikan wawasan kebangsaan di SMA Negeri 1 Jepara, Jumat (25/8/2023). (foto:gemapos/antara)


Gemapos.ID (Jakarta) - Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah, blusukan ke sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Jepara untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta Tanah Air kepada generasi muda.

"Wawasan kebangsaan pada hakekatnya adalah hasrat yang sangat kuat untuk kebersamaan dalam mengatasi segala perbedaan dan diskriminasi," kata Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat menyampaikan wawasan kebangsaan di SMA Negeri 1 Jepara, Jumat (25/8/2023).

Wawasan kebangsaan, kata dia, juga tidak dilandasi asal-usul kedaerahan, suku, keturunan, status sosial, agama dan keyakinan.

"Hal mendasar bagi bangsa Indonesia telah dijadikan dasar negara dan ideologi nasional yang terumus di dalam Pancasila sebagaimana terdapat dalam Pembukaan UUD 1945," ujarnya.

Ia menekankan pentingnya memahami falsafah dasar Pancasila yang mengandung nilai-nilai luhur sebagai pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku.

Sebab dengan memahami nilai dasar dari Pancasila akan menjadikan kemerdekaan tanpa diskriminasi, seperti memeluk agama sesuai kepercayaan, mengakui dan memperlakukan semua warga negara sebagai manusia yang bermartabat, memiliki solidaritas yang tinggi dan hidup rukun, serta mengakui dan menghargai kedaulatan rakyat.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang wilayahnya terbentang dari Sabang sampai Merauke, dengan beragam budaya yang berpotensi menjadi negara yang maju, sehingga generasi muda harus memiliki pemahaman yang baik tentang nilai-nilai kebangsaan dan cinta Tanah Air," ujarnya.

Hanya saja, kata dia, untuk mewujudkan cita-cita bangsa, banyak tantangan yang harus dihadapi, di antaranya aksi-aksi intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Untuk itu, masyarakat harus senantiasa merawat bangsa Indonesia dengan melaksanakan peranan dalam bidang masing-masing, mengembangkan wawasan kebangsaan dan menghargai sikap saling toleransi, serta menanamkan cinta Tanah Air.

Terkait kenakalan remaja, seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, pergaulan bebas, balap liar, pesta minuman keras, judi online, merusak fasilitas umum, bullying dan lain sebagainya. Diharapkan pelajar SMA Negeri 1 Jepara menjadi anak-anak yang baik, dapat menghindari kenakalan remaja karena masa depan masih panjang.

"Karena sebentar lagi menghadapi tahun politik, harapannya pelajar yang memiliki hak pilih agar saling menghargai dengan perbedaan pilihan," ujarnya. (pu)