Sandiaga Uno: Penerapan Kurikulum ASEAN MRA-TP Tingkatkan Kualitas SDM

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kiri) dalam acara Studium Generale & Launching Skema Kualifikasi ASEAN dan ASEAN MRA-TP Politeknik Pariwisata di Kampus Poltekpar Makassar (foto: gemapos/ antara)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kiri) dalam acara Studium Generale & Launching Skema Kualifikasi ASEAN dan ASEAN MRA-TP Politeknik Pariwisata di Kampus Poltekpar Makassar (foto: gemapos/ antara)


Gemapos.ID (Jakarta)- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan bahwa penerapan kurikulum The ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professionals (ASEAN MRA-TP) di lingkungan politeknik negeri pariwisata mampu meningkatkan kompetensi dan kualitas sumber daya manusia.

"Jadi, kalian yang lulus dari sini bukan hanya berskala daerah dan nasional, tapi sudah internasional," kata Sandiaga dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sandiaga menyampaikan, kurikulum berstandar ASEAN ini disiapkan dengan harapan di masa mendatang para kompetensi lulusan politeknik negeri pariwisata (poltekpar) bisa meningkat dan dapat bersaing untuk memperoleh lapangan kerja yang lebih baik serta membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat

Dalam Studium Generale & Launching Skema Kualifikasi ASEAN dan ASEAN MRA-TP Politeknik Pariwisata di Kampus Poltekpar Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu (23/8/2023), Sandi mengatakan bahwa salah satu keutamaan dari kurikulum ini adalah penggunaan bahasa pengantar internasional yaitu Bahasa Inggris.

"Penggunaan Bahasa Inggris yang lebih dominan (dalam kurikulum ini) dan kurikulum yang lebih dekat dengan kewirausahaan atau enterpreneurial," katanya.

Sandiaga menuturkan saat ini generasi muda tengah menghadapi situasi yang penuh gejolak dan ketidakpastian global, sehingga diperlukan SDM yang tangguh dan beradaptasi dengan perubahan zaman.

"Poltekpar di lingkungan Kemenparekraf ini sudah menjawab tantangan pariwisata global, kita ini sedang menyaksikan transformasi pariwisata dan ekonomi kreatif kita. Bukan hanya kita bicara bangsa dan nasional, tapi kita bisa bicara target mendunia dan internasional," kata Sandiaga.

Adapun skema kurikulum yang diluncurkan dalam kesempatan ini adalah Common ASEAN Tourism Curriculum (CATC) dan skema Kualifikasi Regional Qualifications Framework and Skills Recognitions Systems (RQFSRS) yang telah diverifikasi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Dalam kuliah umum ini ini Menparekraf Sandiaga didampingi Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani; Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi Krisnandi; Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf Faisal; dan Direktur Poltekpar Makassar M Arifin.

Turut hadir pula lima direktur poltekpar lain di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf; Komisioner BNSP Bidang Jaminan Mutu, Perencanaan, Kerja Sama dan Hukum Tetty DS Ariyanto; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel Muhammad Arafah; dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Sulsel Andry S Arief Bulu.(ra)