KEREN! Karya Raksasa Dari Seniman AS KAWS Dipamerkan di Prambanan

Kaws Holiday (foto: instagram/Kaws)
Kaws Holiday (foto: instagram/Kaws)


Gemapos.ID (Jakarta) Karya seniman asal Amerika Serikat dengan moniker Kaws mampir di Indonesia. Usai berkeliling dari sembilan negara, patung bikinan seniman bernama asli Brian Donnelly tersebut mampir di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta.

Patung dengan panjang 45 meter dan tinggi mencapai 15 meter tersebut dipamerkan untuk publik mulai 19 hingga 31 Agustus 2023 mendatang. Patung tersebut menggambarkan ‘Companio’ yang sedang rebahan di pelataran Candi Prambanan.

‘Companion’ sendiri adalah karakter yang merupakan salah satu dari banyak karakter yang telah dibuatnya. Companion terinspirasi dari Mickey Mouse, Disney, yang wajahnya ditutupi menggunakan kedua tangan berbalut sarung tangan 'X'.

Karya bertajuk ‘Kaws: Holiday Indonesia’ tersebut merupakan karya terbesarnya sejak ia bertualang dari 2018 silam. 

Diselenggarakan oleh AllRightsReserved dan didukung AKG Entertainment, pameran tur keliling ini dimulai di Seoul dan menjelajah ke Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Bristol, Singapura, Gunung Changbai sampai menembus luar angkasa.

Brian Donnelly aka Kaws menceritakan ini adalah kedatangan yang pertamanya ke Indonesia.

"Project ini telah berkeliling dunia ke berbagai tempat dan area. Saya penasaran bagaimana respons warga lokal terhadap patung monumental ini, pendapat pencinta seni Indonesia," katanya saat media preview di area Candi Prambanan, Yogyakarta pada Jumat (18/8/2023).

Sejak awal Agustus, pengumuman mengenai Kaws: Holiday Indonesia disambut antusias para pencinta seni Tanah Air. Sejak lebih dari dua dekade, segala hal tentang Kaws termasuk merchandise-nya juga dicari-cari para kolektor.

Candi Prambanan merupakan mahakarya kebanggaaan Idonesia dan dikenal sebagai situs warisan dunia UNESCO. Kompleks candi yang dibangun sejak abad ke-9 menjadi candi Hindu terbesar di Indonesia.

"Kita bisa liat Kaws punya patung monumen yang bisa berdampingan dengan Candi Prambanan, sangat ikonik. Dengan itu kami berharap, patung ini bisa menjadi perpaduan antara warisan arsitektur Prambanan dan seni kontemporer, bisa menampilkan pesona Indonesia ke dunia," sambungnya.(da)