Pengendara Kesal! Tol Bocimi Belum Beroperasi dengan Alasan yang Belum Jelas

kondisi Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi yang masih tutup pasca diresmikan presiden Joko Widodo Jumat (4/8) kemarin. (foto: gemapos.id/WS)
kondisi Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi yang masih tutup pasca diresmikan presiden Joko Widodo Jumat (4/8) kemarin. (foto: gemapos.id/WS)


Gemapos.ID (Jakarta) Para pengguna jalan tol yang akan menuju ke Sukabumi melalui Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi merasa kecewa. Pasalnya, pasca diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat (4/8) kemarin, hingga pagi ini Tol Bocimi belum bisa dilalui.

Pantauan gemapos.id di lokasi, dari pukul 07.00 - 08.04 WIB Tol Bocimi belum juga dibuka dengan alasan yang belum jelas. Para pengendara pun mengaku kecewa atas kejadian ini. Salah seorang pengendara asal Jakarta, Herry mengaku kesal dengan kejadian ini.

"Gak jelas, belum ada alasan yang jelas" ujarnya

Seperti kita ketahu, ruas jalan tol Cigombong-Cibadak yang membentang sepanjang 11,90 Kilometer ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Bocimi dengan total panjang 54 kilometer.

"Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 Kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan. Ya, ini kado ulang tahun kemerdekaan yang ke-78 ke Provinsi Jawa Barat, khususnya ke Sukabumi," kata Jokowi dalam sambutannya di Gerbang Tol Parungkuda, Jumat (4/8/2023).

Pembangunan ruas jalan yang menelan anggaran sebesar Rp 3,2 triliun itu diklaim dapat memangkas waktu perjalanan dari yang asalnya Jakarta-Sukabumi memakan 5 sampai 6 jam, dengan adanya tol ini menjadi 2,5 jam.

Pembangunan Tol Bocimi seksi II ini menyerap dana Penyertaan Modal Negara (PMN). Pada 3-4 Juli lalu, telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada Jalan Tol Bocimi seksi Cigombong-Cibadak dengan panjang 11,9 Kilometer (km). Diharapkan tol ini dapat beroperasi dan bertarif pada Agustus 2023.

Ruas Tol Cigombong-Cibadak menjadi alternatif penghubung jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa di Wilayah Jawa Barat, dengan terhubungnya Jalur Pansela dengan Tol Bocimi diharapkan akan mempermudah akses menuju kawasan pariwisata unggulan di sekitar Sukabumi seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh, Situ Gunung hingga Pantai Ujung Genteng.